adplus-dvertising

KPK Kekurangan Pegawai, Firli Bahuri Mengadu ke Jokowi

M. Risman Amin Boti, telisik indonesia
Kamis, 09 Desember 2021
581 dilihat
KPK Kekurangan Pegawai, Firli Bahuri Mengadu ke Jokowi
Presiden Jokowi tiba di gedung KPK, Jakarta Selatan. Foto: Repro medcom.id

" KPK peringati Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2021 di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Kamis, (9/12/2021) "

JAKARTA, TELISIK.ID – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengadu kekurangan personel kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Jumlah personel yang dimiliki KPK disebut, tak sebanding dengan beban kerja yang diemban.

Menurut Firli, KPK bukan hanya kekurangan personel. Lembaga Antikorupsi juga itu kekurangan markas karena Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 hanya membolehkan KPK ada di Ibu Kota.


“KPK tentu sangat menyadari atas keterbatasannya, hanya 1.602 sumber daya manusia yang ada di KPK," kata Firli dalam peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2021 di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Kamis, (9/12/2021).

Meski kekurangan personel dan markas, KPK tidak mau menyerah. Firli menegaskan, akan terus menindak pelaku korupsi di dalam dan luar Jakarta untuk membersihkan Indonesia dari sikap koruptif.

Hal itu dibuktikan selama tahun 2021 pihaknya telah menerima laporan terkait gratifikasi sebanyak 1.838 laporan. 1.838 laporan itu senilai Rp 7,48 miliar.

"Tahun 2021, 1.838 laporan dengan nilai Rp 7,48 miliar dan Rp 1,8 miliar ditetapkan sebagai milik negara, Rp 5,6 miliar ditetapkan sebagai bukan milik negara," ujar Firli.

Baca Juga: Sulit Tolak Tawaran Kapolri Jadi ASN Polri, Ini Alasan Novel Baswedan

"Kami sungguh berterima kasih kepada penyelenggara negara yang telah melaporkan setiap ada gratifikasi," lanjutnya.

Hakordia 2021 dimanfaatkan KPK untuk menyebar pesan antikorupsi di seluruh Indonesia. Lembaga Antikorupsi menggelar acara ini di lima daerah.

"Pertama di daerah Sulawesi Tenggara. Yang kedua kita laksanakan kegiatan di Banjarmasin. Yang ketiga kita laksanakan di daerah Pekanbaru. Yang keempat kita laksanakan di Nusa Tenggara Timur, dan hari ini adalah puncak Hakordia," tutur Firli.

Diketahui, Presiden Joko Widodo Tiba di Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Kamis (9/12/2021) pagi.

Baca Juga: Sri Mulyani dan Direktur Utama Pertamina Masuk dalam Wanita Paling Berpengaruh di Dunia

Berdasarkan agenda yang disusun KPK, peringatan Hari Antikorupsi Sedunia yang mengusung tema “Satu Padu Bangun Budaya Antikorupsi” itu akan dibuka secara langsung oleh Presiden Joko Widodo. (C)

Reporter: M. Risman Amin Boti

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga