KPK Masih Selidiki Inisial Y Pemilik Jet Pribadi yang Dipakai Putra Jokowi Kaesang Pangarep

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Selasa, 17 September 2024
0 dilihat
KPK Masih Selidiki Inisial Y Pemilik Jet Pribadi yang Dipakai Putra Jokowi Kaesang Pangarep
Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan (kiri) dan Putra Bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep (kanan). Foto: Kolase Antara

" Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih dalam tahap penyelidikan terkait identitas pemilik jet pribadi yang diduga digunakan oleh Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) "

JAKARTA, TELISIK.ID — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih dalam tahap penyelidikan terkait identitas pemilik jet pribadi yang diduga digunakan oleh Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan, mengungkapkan bahwa pihaknya belum mendapatkan informasi yang jelas mengenai profil pemilik jet yang diketahui hanya dengan inisial Y.

“Kami sedang mengumpulkan informasi dan melakukan konfirmasi terkait hal ini. Kami perlu memastikan apakah informasi tentang penggunaan jet pribadi ini benar adanya,” ujar Pahala di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi KPK, Jakarta Selatan, pada Selasa (17/9/2024).

Pahala menambahkan bahwa meskipun KPK sudah mengantongi nama dengan inisial Y, informasi terkait identitas lengkap dan status kewarganegaraan pemilik jet tersebut belum bisa dipastikan.

Baca Juga: Jumlah Calon Tunggal Kepala Daerah Mengerucut jadi 35

“Kami belum bisa memastikan apakah ini adalah nama lengkapnya atau apakah pemiliknya adalah WNI atau WNA,” jelasnya.

Pada hari yang sama, Kaesang Pangarep, yang juga merupakan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), mengunjungi KPK untuk memberikan klarifikasi mengenai penggunaan jet pribadi dalam perjalanannya ke Amerika Serikat pada 18 Agustus lalu.

Kaesang menyatakan bahwa ia menggunakan jet pribadi milik temannya dan hadir di KPK secara sukarela.

“Saya datang ke KPK sebagai warga negara yang baik untuk memberikan klarifikasi mengenai perjalanan saya ke Amerika Serikat,” kata Kaesang.

Baca Juga: Putra Bontot Jokowi Sambangi KPK Soal Jet Pribadi, Kaesang: Nebeng Pesawatnya Teman

Meskipun Kaesang mengonfirmasi penggunaan jet pribadi dalam perjalanan tersebut, ia menghindari memberikan detail lebih lanjut mengenai perjalanan itu.

“Saya hanya mengklarifikasi perjalanan saya tanggal 18 Agustus. Untuk detail lebih lanjut, bisa ditanyakan langsung ke KPK,” tambahnya.

Kaesang menegaskan bahwa kedatangannya ke KPK bukan atas undangan resmi, melainkan sebagai inisiatif pribadi untuk memperjelas situasi dan menghindari spekulasi lebih lanjut.

Sebelumnya, Kaesang Pangarep dan istrinya, Erina Gudono, menarik perhatian publik setelah mengunggah foto dan video dari dalam jet pribadi di media sosial. Unggahan tersebut memicu perbincangan mengenai dugaan gratifikasi dan penggunaan fasilitas mewah. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga