adplus-dvertising

KPK Minta Masyarakat Awasi Penyaluran Bansos dari Pemerintah

Ones Lawolo, telisik indonesia
Senin, 15 Juni 2020
1122 dilihat
KPK Minta Masyarakat Awasi Penyaluran Bansos dari Pemerintah
Plt Juru Bicara KPK, Ipi Maryati. Foto: Repro Kompas.com

" Fitur utama JAGA Bansos menyediakan informasi panduan ringkas tentang bansos. JAGA Bansos juga menampung keluhan masyarakat yang mengetahui adanya penyimpangan dalam penyaluran bansos. "

MEDAN, TELISIK.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta masyarakat agar ikut mengawasi penyaluran bantuan sosial (Bansos) dari pemerintah pusat dan Pemda.

"Untuk mengantisipasi terjadinya penyelewengan penggunaan anggaran COVID-19 dalam penyaluran bansos, masyarakat harus terlibat dalam pengawasannya," ujar Plt Juru Bicara KPK, Ipi Maryati kepada Telisik.id melalui telepon selulernya, Minggu (14/6/2020).

KPK mendorong masyarakat untuk terlibat dan berperan aktif untuk turut mengawasi, dan menyampaikan informasi jika terjadi penyimpangan dalam penyaluran bansos, agar dapat memperbaiki mekanisme penyaluran bansos dan memastikan masyarakat yang terdampak COVID-19 mendapatkan haknya.


Kemudian, KPK juga menyarankan kepada masyarakat, apabila ada penyimpangan dalam penyaluran bansos, segera melaporkan dengan mengakses JAGA melalui situs https://jaga.id.

"Fitur utama JAGA Bansos menyediakan informasi panduan ringkas tentang bansos. JAGA Bansos juga menampung keluhan masyarakat yang mengetahui adanya penyimpangan dalam penyaluran bansos," ujarnya.

Baca juga: Pelajar di Bombana Tewas Dimangsa Ular Piton

Ipi Maryati menjelaskan, peluncuran JAGA Bansos yang merupakan salah satu upaya pencegahan korupsi dari 4 titik rawan yang KPK mitigasi dalam penanganan COVID-19, yaitu terkait pengadaan barang/jasa, refocusing dan realokasi anggaran, pengelolaan filantropi dan hibah dari masyarakat, serta penyelenggaraan jaring pengaman sosial (bansos).

"Fitur ini menjadi medium pengawasan KPK bersama masyarakat atas penyelenggaraan pemerintahan untuk mencegah potensi korupsi dalam penyaluran bansos," tuturnya.

Dia berharap juga kepada masyarakat agar pengawasan bersama ini dapat memperbaiki mekanisme penyaluran bansos.

"Masyarakat yang terdampak dan menjadi target penerima bantuan agar dapat menerima haknya dan sekaligus mendorong transparansi dan akuntabilitas pemerintah dalam menyalurkan bantuan kepada masyarakat," tutur Ipi Maryati kepada Telisik.id.

Reporter: Ones Lawolo

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga