KPK OTT Pejabat Perkeretaapian, Amankan Uang Rp 350 Juta

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Rabu, 12 April 2023
0 dilihat
KPK OTT Pejabat Perkeretaapian, Amankan Uang Rp 350 Juta
KPK lakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap sejumlah pejabat perkeretaapian di Jakarta dan Semarang. Foto: Repro Jawapos.com

" KPK melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap sejumlah pejabat di Balai Perkeretaapian DJKA Jawa Tengah "

SEMARANG, TELISIK.ID - KPK melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap sejumlah pejabat di Balai Perkeretaapian DJKA Jawa Tengah hingga pejabat pembuat komitmen/PPK proyek pekerjaan perkeretaapian dan pihak swasta pada Selasa (11/4/2023).

Dilansir dari Detik.com, para pihak yang terjaring OTT saat ini tengah diperiksa. KPK memiliki waktu 1 x 24 jam untuk menentukan status mereka.

"Saat ini pihak-pihak yang ditangkap masih didalami keterangannya. KPK segera menentukan sikap setelah 1x24 jam," kata M Ali Fikri, Kabag Pemberitaan KPK.

Dikutip dari Jawapos.com, KPK mengamankan barang bukti uang dalam OTT yang dilakukan di Semarang dan Jakarta tersebut. Nilai uang yang diamankan dalam giat tangkap tangan ini disinyalir berjumlah ratusan juta rupiah.

Ali mengungkapkan, uang yang diamankan tersebut dalam bentuk pecahan rupiah dan mata uang asing. Disinyalir, total yang diamankan sejumlah Rp 350 juta.

Baca Juga: Wakil Ketua DPRD Jawa Timur Terjaring OTT KPK

"Uang yang diamankan sebagai bukti dalam bentuk rupiah dan mata uang asing. Saat ini masih dihitung dan dikonfirmasi kepada terperiksa lebih dahulu," tegas Ali.

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron membenarkan, pihaknya melakukan giat tangkap tangan di Semarang dan Jakarta. Lembaga antirasuah mengamankan sejumlah pihak yang diduga melakukan tindak pidana korupsi.

"Benar, KPK telah melakukan giat tangkap tangan siang tadi di Semarang dan Jakarta," ucap Ghufron.

Baca Juga: KPK OTT Bupati Meranti, 5 Pejabat Penting Ikut Diseret

Pimpinan KPK berlatar belakang akademisi masih enggan menjelaskan secara rinci terkait pihak-pihak yang diamankan dalam giat tangkap tangan kali ini. Sebab, pihak-pihak yang diamankan tengah dalam pemeriksaan.

"Sementara kami masih memeriksa mohon bersabar setelah terang duduk perkaranya kami infokan lebih lengkap," tegas Ghufron.

Berdasarkan informasi yang dihimpum, diduga salah satu pihak yang diamankan merupakan pejabat Direktorat Jenderal (Ditjen) Perkeretaapian Kementerian Perhubungan. Pejabat itu diduga menerima suap dari pihak swasta terkait proyek track layout stasiun Tegal. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga