KPU Buka Help Desk Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Parpol Peserta Pemilu 2024

Kardin, telisik indonesia
Senin, 01 Agustus 2022
0 dilihat
KPU Buka Help Desk Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Parpol Peserta Pemilu 2024
Suasana pembukaan Help Desk Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilu 2024 oleh KPU Sulawesi Tenggara. Foto: KPU Sulawesi Tenggara

" KPU Sulawesi Tenggara menggelar acara pembukaan Help Desk Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilu 2024. Acara ini digelar di Rumah Pintar Pemilu (RPP) Anoa KPU "

KENDARI, TELISIK.ID - KPU Sulawesi Tenggara menggelar acara pembukaan Help Desk Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilu 2024. Acara ini digelar di Rumah Pintar Pemilu (RPP) Anoa KPU, Senin (1/8/2022).

Kegiatan itu dihadiri oleh Ketua, Anggota, Sekretaris, Kabag, Kasubag serta staf di lingkungan Sekretariat KPU Provinsi Sulawesi Tenggara dan Anggota KPU Kota Kendari.

Pelaksanaan Help Desk merupakan tindak lanjut dari PKPU No.4 Tahun 2022 dan Surat Sekretariat Jenderal KPU RI No: 577/PL.01.1-ST/05/2022 dalam hubungannya dengan pemberian pelayanan informasi terhadap partai politik calon peserta pemilu 2024 yang membutuhkan fasilitasi/penjelasan menyangkut pelaksanaan tahapan pendaftaran, verfikasi dan penetapan partai politik calon peserta pemilu 2024, termasuk penggunaan aplikasi Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL).

Acara pembukaan Help Desk diawali dengan penyerahan secara simbolis aset Help Desk berupa kunci ruangan Rumah Pintar Pemilu (RPP) Anoa dan Handphone oleh Sekretaris KPU Sulawesi Tenggara, Syafruddin, selaku Penanggung Jawab kepada Kabag Teknis Penyelenggaran Pemilu Hubungan dan Partisipasi Masyarakat, Hukum dan SDM selaku Ketua Help Desk.

Baca Juga: Partai Gelora Bukan Ancaman PKS Sulawesi Tenggara

"Kegiatan dilanjutkan dengan peresmian oleh Ketua KPU Sulawesi Tenggar melalui pemotongan pita dan pembukaan pintu ruangan Help Desk," kata Syafruddin.

Kata dia, Help Desk berfungsi sejak 1 Agustus hingga 14 Desember 2022 atau sampai dengan selesainya seluruh rangkaian tahapan verifikasi partai politik calon peserta pemilu 2024.

Senada, Kasubag Teknis Penyelenggara Pemilu, Partisipasi dan Hubungan Masyarakat, Samsu Agusdar S menyampaikan, personil yang bertugas pada Help Desk adalah jajaran sekretariat yang telah dibagi ke dalam 5 tim kerja.

"Dan telah ditetapkan melalui Surat Tugas Sekretaris KPU Sulawesi Tenggara serta dilengkapi dengan perlengkapan kerja sesuai standar yang ditetapkan oleh KPU RI," ujar Agusdar.

Baca Juga: Sejumlah Parpol Mulai Daftarkan Diri ke KPU RI

Katanya, Help Desk pendaftaran, verifikasi dan penetapan partai politik calon peserta pemilu 2024 telah siap menerima kunjungan/konsultasi dari partai politik.

"Terima setiap hari, mulai pukul 08.00 sampai 17.00 Wita, bertempat di Ruang RPP Anoa KPU Sulawesi Tenggara," bebernya. (B)

Penulis: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga