KPU Buton Selatan Sortir dan Lipat Surat Suara 7 Hari Kerja

Ali Iskandar Majid, telisik indonesia
Minggu, 07 Januari 2024
0 dilihat
KPU Buton Selatan Sortir dan Lipat Surat Suara 7 Hari Kerja
Suasana penyortiran dan pelipatan surat suara yang langsung diawasi oleh Ketua KPU Buton Selatan di gudang logistik Pemilu untuk eilayah Buton Selatan. Foto: Ali Iskandar Majid/Telisik

" KPU Buton Selatan mengupayakan penyortiran dan pelipatan surat suara akan rampung dalam 7 hari kerja "

BUTON SELATAN, TELISIK.ID - KPU Buton Selatan mengupayakan penyortiran dan pelipatan surat suara akan rampung dalam 7 hari kerja. Penyortiran dan pelipatan dilakukan di gudang logistik mulai Minggu (7/1/2024) hari ini.

Hal tersebut diungkap Ketua KPU Buton Selatan, Hastun, saat ditemui di gudang logistik pemilu.

"Kami mengupayakan 7 hari kerja untuk penyortiran dan pelipatan surat suara di gudang logistik," ungkap Hastun.

Hastun menjelaskan bahwa aktivitas penyortiran dan pelipatan surat suara dimulai dari jenis surat suara untuk calon presiden dan calon wakil presiden.

Dikerahkan 87 personel yang dibagi menjadi 32 kelompok untuk melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara.

Baca Juga: KPU Baubau Target Sortir dan Lipat Ratusan Ribu Surat Suara dalam 10 Hari

"Sortir dan lipat surat suara akan kita mulai dari kategori surat suara untuk capres dan cawapres yang akan dikerjakan oleh 87 personel yang kita bagi menjadi 32 kelompok," kata Hastun.

Hastun melanjutkan, personelnya berasal dari Kabupaten Buton Selatan dan juga dari Kota Baubau sebab letak gudang logistik masuk wilayah Kota Baubau.

"Personel yang terlibat dalam pengerjaan hari ini berasal dari Buton Selatan dan Baubau mengingat letak gudang logistik masuk wilayah Kota Baubau," ujar Hastun.

Hastun menerangkan, terdapat sebanyak 67.044 Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang tercatat untuk wilayah Buton Selatan. Jumlah keseluruhan surat suara sebanyak 335.220 dari 35 box terdiri dari surat suara untuk capres/cawapres, DPR-RI, DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota dan DPD.

"Jumlah keseluruhan surat suara sebanyak 335.220 dari 35 box yang terdiri dari 5 kategori surat suara," tambah Hastun.

Baca Juga: KPU Muna Mulai Sortir dan Lipat 795.990 Surat Suara

Perlu diingat bahwa pemenuhan logistik yang ada pada gudang logistik pemilu Buton Selatan belum sepenuhnya tercukupi, sebab masih ada sebagian formulir yang masih dalam tahap pengiriman.

Pernyataan tersebut dikonfirmasi langsung oleh Kasubag Keuangan dan Logistik KPU Logistik, La Ode Aswan.

"Memang betul bahwa masih ada sebagian logistik yang masih dalam perjalanan tahap pengiriman menuju Kota Baubau, misalnya seperti Formulir yang baru masuk sebagian," terang La Ode Aswan, ketika memberikan konfirmasi disela-sela aktivitasnya di gudang logistik pemilu. (B)

Penulis: Ali Iskandar Majid

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga