KPU dan Bawaslu Muna Buka Pendaftaran Badan Adhoc Pilkada

Sunaryo, telisik indonesia
Selasa, 23 April 2024
0 dilihat
KPU dan Bawaslu Muna Buka Pendaftaran Badan Adhoc Pilkada
Kordiv Teknis dan Penyelenggara Pemilu KPU Muna, La Ode Ngkumabusi dan Ketua Bawaslu Muna, Al Abzal Naim. Foto: Ist.

" Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Muna mulai membuka pendaftaran badan adhoc Pilkada 2024 "

MUNA, TELISIK.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Muna mulai membuka pendaftaran badan adhoc Pilkada 2024.

KPU akan membuka pendaftaran panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS). Sedangkan, Bawaslu panitia pengawas kecamatan (Panwacam).

Kordiv Teknis dan Penyelenggara Pemilu KPU Muna, La Ode Ngkumabusi mengatakan, pendaftaran badan adhoc akan dimulai dari PPK yang jadwalnya pada 23-29 April 2024.

Baca Juga: Siska Karina Imran Kembalikan Formulir di Partai Demokrat

"Untuk pengumuman pendaftaran PPS pada bulan Mei," kata Ngkumabusi, Selasa (23/4/2024).

Pendaftaran terbuka untuk umum yang dilakukan melalui online berbasis aplikasi Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Adhoc (SIAKBA). Jadi, masing-masing pendaftar harus membuat akun di SIAKBA yang kemudian melakukan pengunggahan dokumen persyaratan.

Sementara bagi yang mengalami kendala jaringan di wilayahnya, dapat membawa dokumen persyaratan fisiknya ke kantor KPU yang akan dibantu proses pengunggahannya.

"Nantinya proses seleksi tertulis akan menggunakan sistim computer assisted test (CAT)," sebutnya.

Pada Pilkada serentak 27 November mendatang, KPU membutukan 110 PPK dan 450 PPS. Dimana, satu kecamatan, terdiri dari lima orang PPK dan tiga orang PPS setiap desa/kelurahan.

"Muna terdiri dari 22 kecamatan, 124 desa dan 26 kelurahan. Total badan adhoc yang dibutuhkan sekitar 560 orang," ungkapnya.

Berbeda dengan proses pendaftaran Panwascam. Menurut Ketua Bawaslu Muna, Al Abzal Naim, pendaftaran dibagi dua tahap. Tahap pertama dikhususkan bagi Panwascam existing (Panwascam Pemilu) pada 23-27 April.

Kemudian, tahap dua, pendaftaran untuk umum pada 5-7 Mei. Pendaftaran dilakukan melalui sistim online dan ofline.

Baca Juga: Bahtiar Optimis Maju Pilgub Sulawesi Tenggara Usung Transformasi Kepemimpinan

Untuk Panwascam existing nantinya, tidak akan mengikuti seleksi tertulis. Mereka hanya akan dilakukan evaluasi kinerja yang dijadwalkan pada 26-27 April. Setelah itu, akan diumumkan bagi yang memenuhi syarat untuk dilanjutkan dengan sesi wawancara bersama peserta umum yang lulus seleksi CAT.

"Panwascam existing bukan jaminan lulus semua," timpal pria yang karib disapa Bram itu.

Bawaslu membutuhkan 66 Panwascam. Dimana, satu kecamatan terdiri dari tiga orang Panwascam. (B)

Penulis : Sunaryo

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga