KPU Jamin Daftar Pertanyaan Debat Capres-Cawapres Pilpres 2024 Tak Bocor

Mustaqim, telisik indonesia
Senin, 11 Desember 2023
0 dilihat
KPU Jamin Daftar Pertanyaan Debat Capres-Cawapres Pilpres 2024 Tak Bocor
Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari (tengah batik biru), dan Komisioner KPU RI, August Mellaz (kiri), menjelaskan kepada wartawan pelaksanaan debat Capres-Cawapres di kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Senin (11/12/2023). Foto: Mustaqim/Telisik

" Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menjamin daftar pertanyaan debat calon presiden-wakil presiden (capres-cawapres) Pemilu Presiden (Pilpres) 2024, tidak bakal bocor ke masing-masing pasangan calon (paslon) "

JAKARTA, TELISIK.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menjamin daftar pertanyaan debat calon presiden-wakil presiden (capres-cawapres) Pemilu Presiden (Pilpres) 2024, tidak bakal bocor ke masing-masing pasangan calon (paslon).

Debat paslon Capres-Cawapres 2024 putaran pertama dijadwalkan berlangsung pada Selasa (12/12/2023) malam, pukul 19:00 WIB. Debat akan disiarkan live di TVRI dan RRI.

Debat putaran pertama mencakup tema pemerintahan, hukum, hak asasi manusia, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari, menjamin bahwa pertanyaan yang telah disusun oleh para panelis tidak bakal bocor ke publik. Termasuk kepada masing-masing paslon Capres-Cawapres.

"Kami jamin (pertanyaan materi debat) itu tidak akan bocor. Namun demikian, daftar pertanyaan yang sudah disusun masih berada di panelis," ujar Hasyim kepada Telisik di kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Senin (11/12/2023).

Baca Juga: Infografis: Tanggapan Capres-Cawapres Perubahan Format Debat Pilpres 2024

Daftar pertanyaan yang akan disampaikan pada debat putaran pertama, menurut Hasyim, baru akan diserahkan ke KPU RI pada Selasa siang.

"Informasinya, Selasa besok siang panelis menyerahkan (daftar pertanyaan) ke KPU," katanya.

Debat putaran pertama ini akan berlangsung selama 150 menit. Dimulai pukul 19:00 WIB.

Komisioner KPU RI, August Mellaz, menyebut debat antarcapres-cawapres normalnya menggunakan durasi 120 menit.

"Jadi 120 menit itu waktu debat antarcalon sesuai tema yang didebatkan," jelasnya di kantor KPU RI.

Durasi debat yang sudah dialokasikan, kata August, terdiri dari enam segmen.

Segmen pertama adalah penyampaian visi misi dan program kerja. Mekanismenya masing-masing pasangan calon menyampaikan secara bergantian sesuai nomor urut.

Segmen kedua masuk ke pendalaman visi misi. Di segmen ini panelis akan mengundi pertanyaan yang akan diawali dengan pasangan nomor 2, dilanjutkan pasangan nomor 3, dan terakhir pasangan nomor urut 1.

"Pada segmen tiga pendalaman visi misi dan program kerja. Di sini para Capres akan menjawab pertayaan yang akan diberikan oleh moderator," jelas August.

Segmen keempat, para Capres akan memberikan pertayaan kepada Capres lainnya. Diawali dengan Capres Anies yang akan memberikan pertanyaan kepada Prabowo Subiato.

Segmen kelima tanya jawab antara pasangan Capres. Pada segmen ini Capres Anies yang akan menjadi pertama bertanya kepada Capres Ganjar Pranowo.

Segmen ke enam penutup. Segmen ini pasangan Capres memberikan peryataan penutup dan komitmen kampanye damai.

Sebelumnya calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan, menyatakan kesiapannya mengikuti Debat putaran pertama.

Dia mengaku sudah sangat siap. Anies pun mengatakan masih terus melengkapi pengetahuannya terkait isu-isu yang dibahas dalam debat nanti.

“Tentu saja belajar, membaca, apa hal-hal yang hari ini dianggap penting terkait dengan persoalan hukum, HAM terkait dengan demokrasi tentu harus baca-baca itu yang kami kerjakan sekarang,” katanya.

Sementara kubu Ganjar-Mahfud melalui Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto, menilai tema debat putaran pertama sangat menarik.

Baca Juga: Ijtima Ulama Rekomendasikan Dukung Anies-Cak Imin di Pilpres 2024

"Temanya menarik dan debat putaran pertama ini akan bisa memengaruhi konstelasi politik," ujar Hasto.

Namun begitu, Sekretaris Tim Pemenangan Nasional (TPN) ini tidak merinci perubahan konstelasi yang dimaksudnya.

Dia hanya menekankan pelaksanaan debat capres-cawapres perdana dilaksanakan pada saat kader PDIP, PPP, Perindo, Hanura, dan sukarelawan menemui rakyat agar mendukung pasangan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Sehari menjelang debat putaran pertama, lokasi Debat di halaman depan kantor KPU RI sedang ditata hingga Senin sore. Terlihat 42 monitor televisi berukuran 32 inchi sudah terpasang di bagian belakang tempat duduk tribune yang dibuat secara melingkar.

Selain itu juga telah terpasang 43 AC standing (berdiri) yang berdampingan dengan monitor TV. Sementara tempat capres akan berdebat berada tepat di areal tengah. (A)

Penulis: Mustaqim

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga