KPU Jawa Timur Gelar Bimtek Keterbukaan Informasi Publik

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Kamis, 22 September 2022
0 dilihat
KPU Jawa Timur Gelar Bimtek Keterbukaan Informasi Publik
Bimtek KPU Jawa Timur tentang keterbukaan informasi publik jelang Pemilu 2024. Foto: Ist.

" KPU Jawa Timur menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Keterbukaan Informasi Publik dalam Penyelenggaraan Tahapan Pemilu Tahun 2024 yang diikuti KPU kabupaten/kota di provinsi tersebut "

SURABAYA, TELISIK.ID - KPU Jawa Timur menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Keterbukaan Informasi Publik dalam Penyelenggaraan Tahapan Pemilu Tahun 2024 yang diikuti KPU kabupaten/kota di provinsi tersebut.

Ketua KPU Jawa Timur, Choirul Anam mengatakan, sebagai Bimtek pertama yang digelar jelang tahapan Pemilu 2024, keterbukaan informasi publik merupakan salah satu elemen penting bagi KPU. Menurutnya, ada tiga nafas utama di KPU yakni integritas, profesionalitas dan akuntabilitas (transparansi).

“Akuntabilitas dapat diwujudkan salah satunya dengan transparansi. Wajib hukumnya sebagai lembaga penyelenggara pemilu untuk memberikan akses keterbukaan informasi kepada publik,” kata Anam, Kamis (22/9/2022).

Ia melanjutkan, menjaga akuntabilitas juga mejadi sarana membangun pemilu yang legitimate. Hal dapat dilakukan melalui upaya membangun kepercayaan kepada publik.

Baca Juga: Survei Membuktikan, Puan Maharani Berat Menang Jika Nekat Maju Pilpres 2024

“Partisipasi publik tidak bisa dibangun secara instan, harus menggunakan kerja-kerja terukur,” ujar Anam.

Dengan demikian, mantan Anggota KPU Kota Surabaya tersebut meminta kepada KPU kabupaten/kota membuka seluas-luasnya informasi, termasuk soal serapan anggaran.

Sedangkan Wakil Bupati Gresik, Aminatun Habibah berharap, forum ini menjadi awal yang baik untuk ke depannya.

Baca Juga: PDIP Kendari Mulai Buka Pendaftaran Caleg 2024

“Mudah-mudahan dengan adanya Bimtek nanti, penyelenggaaraan KPU dalam keterbukaan informasi publik semakin membuka wawasan kepada masyarakat bahwa tidak ada lagi hal-hal yang disembunyikan. Saya berharap KPU selalu menjadi yang terbaik,” tutur Aminatun.

Bimtek ini sambungnya, dilaksanakan sebagai bentuk evaluasi, peningkatan pengelolaan serta penyamaan persepsi terkait keterbukaan informasi publik di lingkungan KPU provinsi dan kabupaten/kota se-Jawa Timur. (B)

Penulis: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga