KPU Jawa Timur Kerahkan Lebih 100 Ribu Pantarlh untuk Coklit Serentak

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Minggu, 12 Februari 2023
0 dilihat
KPU Jawa Timur Kerahkan Lebih 100 Ribu Pantarlh untuk Coklit Serentak
Persiapan untuk coklit serentak di Jawa Timur yang segera dimulai hari ini. Foto: Ist.

" Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengerahkan sebanyak 119.853 petugas pemutakhiran data pemilih (pantarlih) di Jawa Timur mulai 12 Februari sampai 14 Maret 2023 untuk melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) "

SURABAYA, TELISIK.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengerahkan sebanyak 119.853 petugas pemutakhiran data pemilih (pantarlih) di Jawa Timur mulai 12 Februari sampai 14 Maret 2023 untuk melakukan pencocokan dan penelitian (coklit).

Hal tersebut menurut Divisi Data dan Informasi KPU Jawa Timur, Nurul Amalia guna mewujudkan akurasi dan kualitas data pemilih pada Pemilu 2024.

“Meski kalender berwarna merah karena bertepatan dengan Minggu yang identik dengan hari libur, namun hal itu tidak berlaku bagi penyelenggara pemilu. Karena mulai hari ini, merupakan tahapan awal coklit data pemilih dan penyusunan daftar pemilih Pemilu 2024,” paparnya, Minggu (12/2/2023).

Sebelum coklit dimulai, Nurul mengatakan akan ada pelantikan pantarlih, dilanjutkan dengan apel kesiapan coklit, bimbingan teknis dan selanjutnya baru kegiatan coklit.

Baca Juga: Golkar Putuskan Usung Ihsan Ridwan di Pilkada Muna

“Dalam melaksanakan coklit, pantarlih akan mendatangi satu per satu rumah warga," lanjutnya.

Lalu dalam tugasnya, pantarlih akan mencocokkan data pemilih, mendata masyarakat yang sudah memiliki hak pilih, namun belum tercatat dalam formulir A-Daftar pemilih.

"Serta mencoret pemilih jika ditemukan tidak memenuhi syarat,” jelas mantan Komisioner KPU Kota Surabaya ini.

Sementara itu, untuk kepentingan coklit, masyarakat dapat menyiapkan bukti dukung berupa Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el), serta bukti dukung lainnya. Agar memudahkan dan mempercepat proses coklit oleh pantarlih.

Baca Juga: Kader Demokrat Dukung Penuh Capres dan Cawapres Pasangan Anies-AHY

“Masyarakat yang sudah dicoklit selanjutnya akan mendapatkan tanda bukti berupa lembaran berisi nama-nama penghuni rumah yang berhak menggunakan hak pilihnya. Sebagai tanda telah dilakukan coklit, pantarlih akan menempelkan stiker di setiap rumah,” ujarnya.

Ketua KPU Jawa Timur, Choirul Anam mengatakan, pantarlih selain tugas utamanya melakukan coklit, sebagaimana Surat KPU Provinsi Jawa Timur Nomor 300/PP.06-SD/35/2.2/2023, juga mendapatkan tugas tambahan untuk mensosialisasikan website dan media sosial KPU, KPU provinsi dan kabupaten/kota setempat.

"Hal tersebut dalam rangka mendukung suksesnya pelaksanaan kegiatan sosialisasi Pemilu Tahun 2024," tandasnya. (B)

Penulis: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga