KPU Muna Barat Temukan 18 Calon PPK tidak Memenuhi Syarat

Putri Wulandari, telisik indonesia
Selasa, 07 Mei 2024
0 dilihat
KPU Muna Barat Temukan 18 Calon PPK tidak Memenuhi Syarat
Calon PPK di Muna Barat saat mengikuti tes tertulis melalui sistem CAT. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" KPU Muna Barat menemukan 18 orang calon PPK yang tidak memenuhi syarat untuk lanjut ke tahap tes tertulis melalui sistem CAT "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - KPU Muna Barat menemukan 18 orang calon PPK yang tidak memenuhi syarat untuk lanjut ke tahap tes tertulis melalui sistem CAT.

Pantauan media, tes tertulis itu dilaksanakan mulai 6-7 Mei 2024, yang bertempat di SMA Negeri 1 Tikep, Kecamatan Tiworo Kepulauan, Kabupaten Muna Barat, dalam tes tersebut dibagi tiga sesi untuk satu hari jadwal tes.

Ketua KPU Muna Barat, La Tajudin mengatakan, calon PPK yang mendaftar sebanyak 223, namun setelah diverifikasi kembali, yang memenuhi syarat sebanyak 205 calon PPK.

"18 calon PPK yang tidak memenuhi syarat," ujarnya.

Kategori tidak memenuhi syarat (TMS) karena ditemukan masih aktif dalam partai politik atau terdaftar dalam sipol, berkas antara fisik dengan yang diupload berbeda, serta tidak menyerahkan berkas fisik hanya meng-upload di SIAKBA.

Baca Juga: KPU Buton Selatan Buka Pendaftaran PPK Pilkada 2024, Ini Syarat dan Tahapannya

Ia menambahkan bahwa untuk hasil tes ini diambil tiga kali kebutuhan, untuk per kecamatan diambil sebanyak lima orang, sehingga dengan tiga kali kebutuhan maka dilakukan perangkingan dari 1 sampai 15.

Selanjutnya, 15 calon PPK yang lulus akan mengikuti tes wawancara pada 11-13 Mei 2024 mendatang, selanjutnya menunggu tanggapan masyarakat terhadap calon PPK, dan dilakukan penetapan.

Baca Juga: Ini Jadwal dan Syarat Perekrutan Badan Adhoc KPU Muna Barat

Koordinator Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi KPU Muna Barat, Samsul mengatakan bahwa saat ini pihaknya masih proses seleksi tertulis melalui sistem CAT bagi calon PPK.

"Masih proses tes tertulis di SMA Negeri 1 Tikep," singkatnya.

Untuk diketahui, dari 205 calon PPK yang menjalani tes, akan diambil sebanyak 55 orang dari 11 kecamatan yang ada di Muna Barat. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga