KPU Muna Barat Terkendala Jaringan Internet dan Komputer

Putri Wulandari, telisik indonesia
Rabu, 23 November 2022
0 dilihat
KPU Muna Barat Terkendala Jaringan Internet dan Komputer
KPU Muna Barat bersama Kepala Cabang Dikbud rayon Muna Barat bekerja sama untuk menyediakan fasilitas pelaksanaan CAT calon anggota PPK. Foto: Ist.

" Jaringan internet yang kurang memadai dan kurangnya komputer, menjadi kendala utama KPU Muna Barat dalam perekrutan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Jaringan internet yang kurang memadai dan kurangnya komputer, menjadi kendala utama KPU Muna Barat dalam perekrutan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Diketahui, sesuai jadwal yang telah ditetapkan, tes tertulis bagi calon anggota PPK akan dilaksanakan pada 5-7 Desember mendatang dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Koordinator Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Muna Barat, LM. Nuzul Anzi mengatakan, tes PPK secara online berlaku sama di seluruh Indonesia. Namun hal itu menjadi kendala bagi KPU Muna Barat. Pasalnya, saat ini pihaknya kekurangan komputer dan jaringan yang tidak memadai untuk melakukan tes CAT.

"Kurang komputer, terlebih perekrutan anggota PPK itu 55 orang untuk 11 kecamatan di Muna Barat," ungkapnya, Rabu (23/11/2022).

Untuk itu, pihak KPU Muna Barat telah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak yakni cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan rayon Muna Barat dan seluruh Kepala Sekolah SMA/SMK se-Muna Barat terkait komputer yang akan difasilitasi oleh sekolah dalam persiapan pembentukan badan adhoc.

Baca Juga: Ratusan Personel Pengamanan Digeser ke Desa

Ia menyebut, perekrutan badan adhoc pada pemilu sebelumnya masih menggunakan tes tertulis secara manual, dan pada tahun 2022 baru dilaksanakan secara online dengan sistem CAT. Sehingga dibutuhkan akses Internet yang memadai, juga fasilitas pendukung seperti komputer.

Selain berkoordinasi dengan pihak cabang Dikbud rayon Muna Barat, pihaknya juga berkoordinasi dengan Dinas Kominfo setempat terkait dengan jaringan internet agar selama berjalannya tes CAT PPK untuk tetap fokus di lokasi tes, mengingat kondisi jaringan internet di Muna Barat sampai pada hari ini belum stabil.

"Sebab ada beberapa titik atau wilayah yang belum memadai koneksi jaringan internetnya," ungkapnya.

Selain itu, KPU Muna Barat juga berkoordinasi dengan pihak PLN untuk tetap menjaga agar tidak terjadi pemadaman listrik selama pelaksanaan ujian CAT PPK.

Tak lupa pula, dalam hal pengamanan selama proses CAT, pihaknya turut berkoordinasi dengan pihak kepolisian.

Sementara itu, Kepala Cabang Dikbud rayon Muna Barat, La Ode Hasyim mengatakan, pihaknya akan menindaklanjuti permintaan KPU.

Baca Juga: ASN dan TNI/Polri Wajib Jaga Netralitas di Pilkades

"Kami menyambut baik kerja sama ini, supaya nantinya kegiatan KPU dapat terlaksana dengan baik," ujarnya.

Olehnya itu, ia memerintahkan seluruh kepala sekolah SMA/SMK yang ada di Muna Barat, yang memiliki fasilitas laboratorium komputer, agar bekerja sama dengan KPU Muna Barat dalam rangka mendukung dan memfasilitasi pelaksanaan CAT dalam penerimaan badan ad hoc.

Adapun data sekolah yang telah mengajukan kerja sama pada KPU Muna Barat, yakni SMKN 1 Tiworo Utara dengan jumlah komputer sebanyak 20 unit, SMAN 1 Kusambi 20 unit komputer/laptop, SMAN 2 Kusambi sebanyak 20 komputer/laptop, SMAN 1 Lawa sebanyak 20 unit komputer/laptop, SMKN 1 Tiworo Selatan 20 unit komputer/laptop, SMAN 1 Tiworo Kepulauan fasilitasi ruangan laboratorium komputer beserta perangkatnya. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga