KPU Muna Luncurkan Program BerSIH Pemilu

Sunaryo, telisik indonesia
Jumat, 04 November 2022
0 dilihat
KPU Muna Luncurkan Program BerSIH Pemilu
Komisioner KPU Muna bersama staf melakukan kegiatan pembersihan sampah di SOR La Ode Pandu. Foto: Sunaryo/Telisik

" KPU Muna meluncurkan program Bersama Sosialisasi Informasi Tahapan (BerSIH) Pemilu. Kegiatan itu ditandai dengan pembersihan sampah-sampah di kawasan SOR La Ode Pandu, Jumat (4/11/2022) "

MUNA, TELISIK.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Muna meluncurkan program Bersama Sosialisasi Informasi Tahapan (BerSIH) Pemilu. Kegiatan itu ditandai dengan pembersihan sampah-sampah di kawasan SOR La Ode Pandu, Jumat (4/11/2022).

Kordiv Sosialisasi Pendidikan Pemilih SDM dan Parmas KPU Muna, Nggasri Faedah mengatakan, dasar peluncuran program BerSIH Pemilu adalah UU Nomor 7 tahun 2007, Peraturan KPU Nomor 3 tahun 2022, Peraturan KPU Nomor 10 tahun 2018 dan program sosialisasi KPU Muna tahun 2004.

Adapun maksud dan tujuan kegiatan BerSIH Pemilu sebagai bentuk kontribusi KPU dalam pembangunan daerah, sarana sosialiasi menyukseskan penyelenggaraan pemilu, terbangun kesadaran kolektif masyarakat untuk bersama-sama menjaga kebersihan, keindahan, keasrian dan kelestarian lingkungan.

"Tujuan akhirnya adalah kita inginkan masyarakat bersama-sama terlibat aktif mengawal pemilu yang luber, jurdil, bersih dengan menangkal hoaks dan menolak money politics," ungkapnya.

Baca Juga: Pulau Tomia Wakatobi Krisis Listrik Berujung Krisis Air

Ketua KPU, Kubais mengatakan, pihaknya tidak akan henti-hentinya melakukan kegiatan yang berkaitan dengan kepentingan daerah, khususnya membantu dalam pembersihan kota. Dalam setiap kegiatan itu, juga diselipkan dengan sosialisai tahapan pemilu. Di mana, saat ini pihaknya telah melakukan tahapan berupa verifikasi adminitrasi partai politik (parpol) dan verifikasi faktual keanggotaan.  

"Ke depan akan ada perekrutan badan ad hoc secara online yang bisa diakses melalui aplikasi SIAKBA," terangnya.

Baca Juga: Putusan Sengketa Pilkades, 3 Diterima 24 Ditolak

Sementara itu, Sekda Muna, Eddy Uga merasa terbantu dengan kegiatan bersih-bersih yang dilakukan KPU. Katanya, untuk menjaga kebersihan kota, dibutuhkan kesadaran seluruh stakeholder masyarakat.

"Aksi bersih-bersih yang dilakukan KPU sangat bermanfaat, karena saat ini kami lagi gencar-gencarnya mengatasi persoalan sampah," pungkasnya. (A)

Penulis: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga