KPU Pastikan 22 Bakal Calon DPD Ini Memenuhi Syarat, Bisa Daftar jadi Calon

Reza Fahlefy, telisik indonesia
Rabu, 12 April 2023
0 dilihat
KPU Pastikan 22 Bakal Calon DPD Ini Memenuhi Syarat, Bisa Daftar jadi Calon
Andi Junianto Barus (tengah) ketika menyerahkan syarat dukungan ke Komisioner KPU Sumatera Utara beberapa waktu lalu. Foto: Reza Fahlefy/Telisik

" KPU Sumatera Utara telah menetapkan 22 bakal calon (bacalon) DPD yang dinyatakan memenuhi syarat dalam tahapan verifikasi faktual perbaikan yang kedua "

MEDAN, TELISIK.ID - KPU Sumatera Utara telah menetapkan 22 bakal calon (bacalon) DPD yang dinyatakan memenuhi syarat dalam tahapan verifikasi faktual perbaikan yang kedua.

Komisioner KPU Sumatera Utara, Batara Manurung membenarkan itu kepada awak media, melalui selulernya, Rabu (12/4/2023) petang.

"Selanjutnya, 22 bacalon ini akan disampaikan kepada KPU RI, lalu kemudian ditetapkan menjadi calon DPD. Penetapan ini akan secepatnya dilakukan oleh KPU RI," kata Batara Manurung.

Baca Juga: Ini Nama 27 Bakal Calon DPD RI Diverifikasi KPU Sumatera Utara

Menurut Batara Manurung, KPU RI akan menetapkan, hasil rekapitulasi dan hasil itulah yang kemudian digunakan untuk pencalonan.

"Nanti itu diumumkan ke publik dan disampaikan pada bacalon untuk dapat digunakan proses pencalonannya. Pembukaan resmi pendaftaran sebagai Calon DPD akan dimulai 1 Mei 2023," terangnya.

Terpisah, bakal calon DPD RI yang dinyatakan memenuhi syarat yaitu Andi Junianto Barus, melalui tim penghubungnya Ridwan Saragih membenarkan, pilihannya bisa mendaftarkan diri menjadi calon.

"Jadi, nantinya 1 Mei 2023 mendatang, kami akan langsung daftarkan pilihan kami, Andi Junianto Barus sebagai calon DPD RI. Kami akan mendaftar di KPU Sumatera Utara sesuai dengan jadwal, mudah-mudahan bisa berjalan sesuai dengan target dan harapan seluruh tim," ungkap Ridwan Saragih.

Kemudian, Ridwan mengaku, seluruh tim penghubung di daerah selalu berkomunikasi untuk memenangkan Andi Junianto Barus.

"Pastinya, kami akan bekerja dengan solid. Sejak awal sampai hari ini kami masih solid untuk memenangkan calon pilihan kami. Kami harapkan masyarakat juga ikut solid mendukung. Karena calon kami ini adalah calon yang amanah," terangnya.

Baca Juga: KPU Sumatera Utara Tak Batasi Jumlah Peserta Bakal Calon DPD RI

Adapun bakal calon DPD RI Perwakilan Sumatera Utara yang dinyatakan memenuhi syarat dan bisa mendaftarkan diri sebagai calon adalah Abdon Nababan, Albiner Sitompul, Andi Junianto Barus, Bahrul Ulum Harahap, Darwis Harahap, Emsah Peranginangin, Iskandar Sembiring dan Joko Susilo.

Selanjutnya, ada nama M Firman Shah, Parlindungan Purba, Parulian Siregar, Penrad Siagian, Rafdinal, Rosdiana, Samulya Surya Indra, Sukadi dan Ikhwanudin Simatupang. Kemudian, Bedikenita Boru Sitepu, Dedi Iskandar Batubara, Faisal Amri, Muhammad Nuh dan Sabam Parulian Parsaoran Manalu. (B)

Penulis: Reza Fahlefy

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga