adplus-dvertising

KPU Sebut Data Jokowi Muncul di Situs Pemilu Bukan Bocor, Tapi...

M Risman Amin Boti, telisik indonesia
Senin, 06 September 2021
2153 dilihat
KPU Sebut Data Jokowi Muncul di Situs Pemilu Bukan Bocor, Tapi...
Ketua KPU RI, Ilham Saputra. Foto : Repro kabar24.bisnis.com

" Menurut dia, pada saat Pilpres 2019 pihaknya telah meminta persetujuan kepada masing-masing calon presiden untuk mempublikasikan data pribadinya. "

JAKARTA, TELISIK.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menyatakan, data Nomor Induk Kependudukan atau NIK Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah di-takedown atau diturunkan dari situs KPU.

Hal itu disampaikan Ketua KPU, Ilham Saputra, untuk menanggapi hebohnya data Kepala Negara yang bocor di jagat media sosial (medsos), belum lama ini.

Menurut dia, pada saat Pilpres 2019 pihaknya telah meminta persetujuan kepada masing-masing calon presiden untuk mempublikasikan data pribadinya.


"Pencalonan itu melalui persetujuan si calon untuk dipublikasi. Nah, penulisan itu sudah persetujuan dari calon ketika itu Pak Jokowi dan Pak Prabowo," kata Ilham dalam keterangannya di Jakarta, Senin (6/9/2021).

"Akan tetapi sekarang sudah kita takedown, sudah kita turunkan. Itu sebetulnya bagian dari masyarakat mengenal calonnya di Pemilu 2019 lalu," sambungnya.

Karena itu, Ilham memandang tersebarnya NIK dari situs resmi KPU bukan merupakan suatu kebocoran data.

Baca juga: Ternyata Kecepatan Download Internet Indonesia Paling Rendah se-ASEAN

Baca juga: Pembobolan Aplikasi PeduliLindungi Tuai Sorotan, Ini Kata Pakar Telematika

"Saya kira tidak ya. Karena itu KPU bagian dari tugas kami untuk melakukan, setelah bertanya kepada pasangan calon apakah itu ingin dipublikasikan atau tidak," kata Ilham.

Sebelumnya, sertifikat vaksin yang diduga milik Presiden Joko Widodo (Jokowi) beredar di media sosial (medsos). Sertifikat tersebut memuat nama beserta Nomor Induk Kependudukan (NIK) orang nomor satu di Indonesia itu.

Menkominfo Johnny G Plate menyebut, NIK serta tanggal vaksinasi Jokowi yang digunakan untuk mengecek sertifikat vaksinasi Jokowi bukan bocor dari sistem PeduliLindungi, melainkan diketahui dari situs KPU dan pemberitaan.

Telisik.id mencoba mencari NIK dan foto KTP Presiden Jokowi menggunakan mesin pencarian Google.com, pada Jumat (3/9/2021) pukul 21.30 WIB.

Dengan menuliskan 'NIK jokowi infopemilu' menggunakan pencarian Google, NIK Jokowi akan muncul di halaman pertama dengan alamat situs KPU, https://infopemilu2.kpu.go.id/pilpres/calon/jokowi

Tapi ketika diklik, halaman situs KPU tersebut tidak muncul. Ada keterangan '404 page not found'. (B)

Reporter: M. Risman Amin Boti

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga