KPU Sulawesi Tenggara Catat Jumlah Pemilih Sementara Capai 1,8 Juta Orang

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Rabu, 26 Juni 2024
0 dilihat
KPU Sulawesi Tenggara Catat Jumlah Pemilih Sementara Capai 1,8 Juta Orang
Ketua KPU Sulawesi Tenggara beber jumlah pemilih sementara hasil DP4 capai 1,8 juta orang. Foto: Ist

" Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tenggara mencatat jumlah pemilih sementara dalam Pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2024, mencapai 1.883.620 orang "

KENDARI, TELISIK.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tenggara mencatat jumlah pemilih sementara dalam Pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2024, mencapai 1.883.620 orang.

Data tersebut berasal dari hasil sinkronisasi Daftar Pemilih Potensial Pemilu dan Pemilihan (DP4) antara KPU dengan Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).

Angka tersebut alami peningkatan sebesar 15.698, jika dibandingkan dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT), saat Pemilu 14 Februari 2024 yang berjumlah 1.867.931.

Baca Juga: Dikbud Sulawesi Tenggara Launching Seragam Putih Abu-Abu Merek A to B Karya Siswa SMK

Ketua KPU Sulawesi Tenggara, Asril mengatakan, data DP4 ini menjadi tugas utama dari Pantarlih untuk melakukan coklit selama sebulan penuh sejak 24 Juni hingga 24 Juli mendatang.

"Jumlah pemilih dari hasil sinkronisasi tersebut bisa saja menjadi berkurang ataupun bertambah, tergantung dari hasil pencocokan dan penelitian (coklit) dari petugas Pantarlih," ungkapnya.  

Asril menambahkan, hasil rekap coklit Pantarlih nantinya akan disusun sebagai Daftar Pemilih Sementara (DPS) dan diumumkan ke masyarakat untuk diminta tanggapannya.

Asril menjelaskan, tujuan dari sinkronisasi tersebut ialah untuk memastikan data setiap pemilih benar–benar valid, sebab dinamika pemilih sangat tentatif.

Baca Juga: Ungkap Anggaran Penataan Pedestrian Eks MTQ Capai Puluhan Miliar, DPRD Kota Kendari Bentuk Pansus

Lebih lanjut, ia membeberkan, dalam kurun waktu beberapa bulan setelah pemilu bisa saja ada yang pindah domisili, ada yang meninggal, ataupun juga ada warga yang berusia 17 tahun tapi belum terdata.  

Ia berharap, petugas Pantarlih yang dilantik hari ini bisa melaksanakan tugasnya dengan baik agar data pemilih hasil coklit yang nantinya akan disusun sebagai daftar pemilih sementara bisa benar–benar sesuai fakta dilapangan.

"Kepada masyarakat yang nantinya akan di data oleh Pantarlih pastikan memberikan keterangan yang sebenar–benarnya," tambahnya. (C)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga