KPU Sulawesi Tenggara Sasar Mahasiswa sebagai Pemilih Muda

Erni Yanti, telisik indonesia
Sabtu, 28 Oktober 2023
0 dilihat
KPU Sulawesi Tenggara Sasar Mahasiswa sebagai Pemilih Muda
Goes To Campus, KPU Sulawesi Tenggara soaialisi Pemilu 2024 dan nonton bareng film Kejarlah Janji, di Unsultra. Foto: Erni Yanti/Telisik

" KPU Sulawesi Tenggara menjaring pemilih muda dengan sosialisasi Pemilu 2024 di kalangan mahasiswa "

KENDARI, TELISIK.ID - KPU Sulawesi Tenggara menjaring pemilih muda dengan sosialisasi Pemilu 2024 di kalangan mahasiswa.

Momen tersebut dirangkaikan dengan Hari Sumpah Pemuda, KPU Sulawesi Tenggara mengadakan kegiatan KPU Goes To Campus, nonton bareng film Kejarlah Janji, di Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra), Sabtu (28/10/2923).

Kegitan tersebut merupakan agenda nasional KPU yang diambil sebagai momen sumpah pemuda dengan melakukan nonton bareng di seluruh Indonesia pada kampus.

"Setelah kemarin KPU Sulawesi Tenggara melaksanakan di pesantren, hari ini bekerjasama dengan Unsultra, alhamdulialah dalam rangka pendidikan pemilih dan penyampaian informasi kepemiluan," kata Kordiv Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi dan Hubungan Masyarakat KPU Sulwesi Tenggara, Amirudin.

Baca Juga: Misteri Pecahnya Kaca Jendela Politisi PDIP Sulawesi Tenggara Terkuak, Bukan Tembakan Senjata Api

Nonton bareng ini diharapkan bisa memberikan pencerahan kepada mahasiswa  terkait pemilu. Selain sebagai peristiwa politik, juga untuk memilih pemimpin bangsa.

Film tersebut diangkat dari latar belakang sosial budaya, yang menceritakan pemilu yang tidak terkelola dengan baik dan hanya dimaknai sebagai peristiwa politik akan menimbulkan keterbelahan.

"Fenomena di masyarakat yang sering terjadi potensi keterbelahan karena perbedaan pilihan sangat besar. Dalam film ini dilakukan meskipun dalam satu keluarga ada perbedaan pendapat, tetapi pada akhirnya perbedaan pilihan itu kita harus saling menerima," jelasnya.

Selain itu, mahasiswa sebagai pemilih pemula juga sebagai pemilih muda yang menempati persentase paling besar dalam komposisi daftar pemilih, sehingga diberikan informasi yang tercerdaskan agar dapat menginisiasi dalam menentukan pilihan secara cerdas tanpa dipengaruhi oleh hal-hal lain.

Rektor Unsultra, Andi Bahrun mengatakan, Pemilu 2024 dapat tersosialisasi dengan masif, segala informasi pemilu dapat diketahui oleh publik.

Baca Juga: Lahan Kosong di Jalan BayPass Kota Kendari Terbakar Hebat

"Terkait dengan siapa yang dipilih dan juga berbagai hal yang terkait dengan pemilu, harus berlaku jujur adil dan penuh dengan integritas. Tentu kita harapkan kedamaian dan ketertiban," pungkasnya.

Ketua BEM Unsultra, Rizki Hidayat mengapresiasi kerja sama bersama pihak Unsultra dalam sosialisasi Pemilu 2024.

Ia berharap dengan sosialisasi tersebut mahasiswa dapat memahami dengan sadar pentingnya keterlibatan dan partisipasi pemuda dalam mensukseskan Pemilu 2024.

"Ini merupakan kerjasama KPU dengan kampus dalam hal ini Unsultra, untuk mensosialisasikan Pemilu 2024 guna menciptakan pemilu yang aman damai dan cerdas," ungkapnya. (A)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga