KPU Sulawesi Tenggara Tegaskan PPK Paham Regulasi dan Tegak Lurus

Erni Yanti, telisik indonesia
Kamis, 14 Desember 2023
0 dilihat
KPU Sulawesi Tenggara Tegaskan PPK Paham Regulasi dan Tegak Lurus
PPK se-Sulawesi Tenggara mengikuti bimbingan teknis pada 13 -14 Desember 2023 untuk memahami regulasi Pemilu 2024. Foto: Ist.

" KPU Sulawesi Tenggara, mengingatkan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Sulawesi Tenggara untuk memahami regulasi dan tegak lurus menjalankan amanah "

KENDARI, TELISIK.ID - KPU Sulawesi Tenggara, mengingatkan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Sulawesi Tenggara untuk memahami regulasi dan tegak lurus menjalankan amanah.

Ketua KPU Sulawesi Tenggara, Asril menyampaikan, saat ini telah memasuki masa krusial sehingga perlu dimaksimalkan.

"Kita sudah masuk pada tahapan yang sangat krusial, kampanye, logistik, pembentukan KPPS, kami berharap melalui PPK bisa dimaksimalkan tiga tahap dalam waktu yang bersamaan," kata Asril, Kamis (14/12/2023).

Sebagai penyelenggara pemilu, KPU selalu mengingatkan agar menjalankan amanah sesuai dengan aturan Undang-Undang yang berlaku.

Baca Juga: KPU Sulawesi Tenggara Beber Batasan Kampanye Pemilu 2024

"Saya berharap kepada PPK untuk memahami seluruh regulasi menyangkut tahapan pemilu, kemudian tegak lurus dalam menjalankan amanah, karena kita di KPU berdasarkan pasal 9, Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 bahwa kita bersifat hierarki KPU RI, KPU provinsi, KPU kabupaten/kota, PPK, PPS KPPS," ucap Asril, Kamis (14/12/2023).

Ketua Devisi Hukum Pengawasan Pemilihan Umum KPU Sulawesi Tenggara, Suprihaty Prawaty Nengtias, mengingatkan kepada PPK untuk menjaga kode etik dan integritas sebagai penyelenggara pemilu dengan pemahaman regulasi.

"Jangan membuat hiruk pikuk, karena mereka adalah ujung tombak suksesnya pemilu ini, kemudian dengan regulasi yang mereka pahami untuk disampaikan kepada jajarannya," ungkapnya, usai membawakan materi bimbingan teknis PPK se-Sulawesi Tenggara di Hotel Claro Kendari.

Baca Juga: Kenali 5 Warna Surat Suara Pemilu 2024

Ia juga berharap, agar PPK dapat mengambil pemahaman regulasi dan kode etik yang harus dijaga untuk menyampaikan kepada jajarannya, yakni PPS dan KPPS.

Sementara salah seorang PPK Kecamatan Kolono Timur, Kabupaten Konawe Selatan, Anaam menyampaikan, integritas seorang penyelenggara harus dipegang teguh untuk mencapai pemilu yang sukses.

"Tentu godaan sebagai penyelenggara sangat banyak, namun kami menjaga kode etik dan integritas melalui pemahaman kami terhadap regulasi, sehingga kami tanamkan itu dalam diri kami," kata Anaam. (A)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga