KPU Sulawesi Tenggara Tetapkan Tiga Lokasi Debat Pilgub

Erni Yanti, telisik indonesia
Senin, 07 Oktober 2024
0 dilihat
KPU Sulawesi Tenggara Tetapkan Tiga Lokasi Debat Pilgub
Ketua KPU Provinsi Sulawesi Tenggara, Asril. Foto: Erni Yanti/ Telisik

" Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Tenggara menetapkan tiga lokasi debat pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur "

KENDARI, TELISIK.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Tenggara menetapkan tiga lokasi debat pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur.

Adapun tiga lokasi itu pertama di Kota Baubau tanggal 19 Oktober, kedua di Kabupaten Kolaka 1 November, dan terakhir di Kota Kendari 23 November 2024.

Hal itu disampaikan Ketua KPU Sulawesi Tenggara, Asril, berdasarkan PKPU Nomor 13 Tahun 2024.

"Jika dilakukan satu kali juga boleh, di situ kan menyebut paling banyak tiga kali," kata Asril.

 

Asril menyampaikan alasannya melaksanakan debat tiga kali, agar dapat memberikan keleluasaan kepada masyarakat untuk lebih mengetahui secara detail visi misi dan program kerja masing-masing paslon.

Baca Juga: KPU Sulawesi Tenggara Tetapkan Empat Paslon Gubernur - Wakil Gubernur Bertarung di Pilkada 2024

"Berdasarkan PKPU 13 dan petunjuk teknis (juknis) tentang kampanye, ada enam tema berdasarkan pasal 22 yang akan dipertanyakan oleh para panelis," kata Asril.

Adapun materi debat terbuka adalah visi misi dan program pasangan calon. Pertama, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, kedua memajukan daerah, ketiga meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, keempat menyelesaikan persoalan-persoalan daerah, kelima mensinkronkan pelaksanaan pembangunan daerah kabupaten atau kota dan provinsi dengan pembangunan nasional.

"Jadi harus sinkron, inilah visi misi yang disesuaikan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan keenam memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia dan kebangsaan," kata Asril.

Baca Juga: KPU Sulawesi Tenggara Sosialisasi Pemilih Segmen Agama dan Perempuan Jelang Pilkada 2024

Keenam tema besar itu akan dibahas dalam debat Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara. Selain dari materi debat sebagaimana yang dimaksud, mengacu pada program masing-masing pasangan calon yang sudah disampaikan kepada KPU pada saat melakukan pendaftaran.

Asril juga menyampaikan alasan memilih tiga daerah atau lokasi Kota Baubau 19 Oktober, Kabupaten Kolaka 1 November dan Kota Kendari 23 November.

"Kenapa kami laksanakan di Baubau, supaya getarannya pilgub ini dirasakan juga masyarakat di sana bukan hanya pemilihan wali kota. Kemudian Kolaka juga begitu. Wilayah Kolaka Raya dan Buton Raya dan wilayah Konawe Raya ada di Kendari," terang Asril. (C)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga