KPU Sultra Ingatkan Penerapan Protokol Kesehatan Saat Coklit

Siswanto Azis, telisik indonesia
Minggu, 19 Juli 2020
0 dilihat
KPU Sultra Ingatkan Penerapan Protokol Kesehatan Saat Coklit
Iwan Rompo. Foto: Ist.

" Secara umum, kegiatan coklit sudah berjalan lancar. Namun, yang perlu saya ingatkan adalah tentang protokol kesehatan. Kalau Alat Pelindung Diri (APD) sudah digunakan, tinggal mengingatkan untuk sama-sama menjaga jarak. "

KENDARI, TELISIK.ID - Komisioner KPU Sulawesi Tenggara, Iwan Rompo, mengingatkan pentingnya penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19 saat pelaksanaan tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) daftar pemilih Pilkada serentak tahun 2020.

"Secara umum, kegiatan coklit sudah berjalan lancar. Namun, yang perlu saya ingatkan adalah tentang protokol kesehatan. Kalau Alat Pelindung Diri (APD) sudah digunakan, tinggal mengingatkan untuk sama-sama menjaga jarak," ujarnya pada Telisik.id, Minggu (19/7/2020).

Ia mengatakan, menjaga jarak khususnya dalam tahapan coklit yang dilakukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dengan mendatangi rumah-rumah warga, merupakan hal yang penting karena sebelumnya masyarakat telah terbiasa dalam suasana yang guyub atau kebersamaan.

Baca juga: Ditolak DPD Golkar Butur, Ini Tanggapan Ridwan Zakariah

"Ini penting disosialisasikan agar jangan sampai ada kesan tidak santun dan sebagainya, tentu untuk kelancaran tahapan, kesehatan dan keamanan kita semua. Itu yang saya kira bersama-sama harus selalu diingatkan dan dilaksanakan," katanya

Protokol kesehatan yang lebih ketat, menurut Iwan Rompo, juga akan diterapkan saat pelaksanaan tahapan Pilkada serentak di daerah-daerah yang merupakan zona rawan penyebaran COVID-19.

"Kami sudah mendorong KPU kabupaten/kota untuk melaksanakan MoU dengan Dinas Kesehatan dan Gugus Tugas, sehingga kami berharap sebelum petugas terjun ke lapangan selalu dilakukan koordinasi," ungkapnya.

Reporter: Siswanto Azis

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga