KPU Sultra Matangkan Persiapan Pilkada

Siti Nabila, telisik indonesia
Minggu, 04 Agustus 2024
0 dilihat
KPU Sultra Matangkan Persiapan Pilkada
Ketua KPU Sultra, Asril, mengajak seluruh masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam setiap tahapan pilkada. Foto: Nabila/Telisik

" Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra saat ini tengah mematangkan persiapan menjelang pelaksanaan pilkada "

KENDARI, TELISIK.ID - Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 semakin dekat. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra saat ini tengah mematangkan persiapan menjelang pelaksanaan pilkada.

Ketua KPU Sultra, Asril mengungkapkan, pendaftaran bakal calon kepala daerah mulai dari gubernur, wali kota hingga bupati, dijadwalkan dibuka pada 27-29 Agustus 2024 mendatang.

"Persiapan dilakukan secara matang agar pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 di Sultra dapat berjalan dengan lancar dan tertib," katanya, Sabtu (4/8/2024).

Ditanya soal syarat pencalonan, Asril menjelaskan, setiap pasangan bakal calon kepala daerah yang diusung oleh koalisi partai politik harus memenuhi syarat 20 persen dari jumlah kursi di DPRD.

Baca Juga: KPU Sebut Hanya Tiga Kabupaten di Sulawesi Tenggara Miliki Calon Independen di Pilkada

Artinya, untuk calon Gubernur Sulawesi Tenggara, tiap pasangan calon harus diusung oleh partai politik atau koalisi partai politik yang memiliki sembilan kursi di DPRD Sulawesi Tenggara, sedangkan untuk bakal calon Wali Kota Kendari, parpol pengusung harus memiliki 7 kursi di DPRD Kota Kendari.

"Untuk syarat pencalonan tentu dukungan partai politik dibutuhkan, sehingga mereka harus berkoalisi. Ini juga diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, partai politik atau gabungan partai politik berdasarkan undang-undang harus 20 persen," tuturnya.

Baca Juga: Sosialisasi KPU dan DPR: Strategi Hadapi Tantangan Politik Uang dan Klientelisme di Kendari

Persyaratan lainnya yang wajib dipenuhi oleh pasangan calon menjelang Pilkada 2024 seperti KTP, ijazah, pas foto, SKCK, hingga surat pernyataan bahwa tidak pernah dipidana atas kasus hukum selama lima tahun.

Terakhir, Asril mengharap partisipasi masyarakat Sultra dalam menyukseskan pemilihan kepala daerah serentak mendatang.

"Kami mengajak seluruh masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam setiap tahapan pilkada, sehingga proses demokrasi ini dapat berjalan dengan baik dan menghasilkan pemimpin yang terbaik," katanya. (C)

Penulis: Siti Nabila

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga