KPU Terima Hasil Pemeriksaan Tes Narkoba Keempat Calon Bupati Buton Selatan

Ali Iskandar Majid, telisik indonesia
Sabtu, 31 Agustus 2024
0 dilihat
KPU Terima Hasil Pemeriksaan Tes Narkoba Keempat Calon Bupati Buton Selatan
Penyerahan hasil pemeriksaan narkoba BNN Baubau diterima pihak RSUD Palagimata yang disaksikan masing-masing Ketua KPU Buton Selatan, Baubau, dan Buton Tengah serta perwakilan Bawaslu dari tiap ketiga Wilayah tersebut. Foto: Ali Iskandar Majid/Telisik

" Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Baubau telah menyerahkan hasil pemeriksaan narkoba, untuk empat pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Buton Selatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Palagimata Baubau "

BUTON SELATAN, TELISIK.ID – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Baubau telah menyerahkan hasil pemeriksaan narkoba, untuk empat pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Buton Selatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Palagimata Baubau.

Penyerahan hasil pemeriksaan tersebut disaksikan oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buton Selatan dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Buton Selatan, serta diserahkan kepada tim pemeriksa kesehatan di RSUD Palagimata Kota Baubau.

Ketua KPU Buton Selatan, Hastun, menjelaskan bahwa KPU hanya menyaksikan proses pemeriksaan kesehatan dan kejiwaan yang dilakukan pada hari ini, Sabtu (31/8/2024).

“Kami hanya menyaksikan proses pemeriksaan dan menerima hasilnya hari ini, namun hasil tersebut diserahkan kepada ketua tim pemeriksaan RSUD Palagimata Baubau,” ujar Hastun kepada Telisik.id

Baca Juga: Lakukan Tes Kesehatan, AJP-ASLI Sebut Proses Tercepat

Hastun menambahkan bahwa setelah rangkaian pemeriksaan selesai, pihaknya akan menunggu hasil pleno dari tim pemeriksa yang dijadwalkan pada Selasa (3/9/2024) untuk menentukan hasil pemeriksaan secara keseluruhan.

Dokumen hasil pemeriksaan narkoba yang diserahkan kepada tim pemeriksa di RSUD Palagimata Kota Baubau terdiri dari delapan berkas untuk calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Buton Selatan.

Kepala BNN Kota Baubau, Alamsyah, mengungkapkan, hasil pemeriksaan narkoba keempat calon diserahkan langsung kepada pihak RSUD Palagimata.

Alamsyah tidak dapat memberikan keterangan lebih lanjut mengenai hasil pemeriksaan tersebut, karena hasilnya baru dapat diungkap setelah rapat pleno.

“Maaf, saya belum bisa memberikan informasi lebih lanjut karena hasilnya harus diumumkan melalui pleno. Kami akan menyerahkan informasi ini kepada pihak RSUD untuk direkomendasikan,” kata Alamsyah kepada Telisik.

Alamsyah menambahkan bahwa hasil pemeriksaan narkoba bersifat rahasia dan hanya akan diuraikan saat rapat pleno.

Ia juga menyebutkan bahwa proses pemeriksaan di RSUD Palagimata berjalan lancar dan didukung dengan pelayanan yang maksimal, sehingga tidak ada pasangan calon yang menunggu lama.

Baca Juga: Paslon Bupati Kolaka Abdul Azis-Yosef Optimis dengan Hasil Pemeriksaan Kesehatan

Sementara itu, Direktur Utama RSUD Palagimata Kota Baubau, dr. Saldy Salman, mengungkapkan bahwa seluruh bakal calon dari Kota Baubau, Kabupaten Buton Tengah, dan Buton Selatan telah menyelesaikan pemeriksaan kesehatan fisik pada hari Jumat (30/8/2024).

Pemeriksaan tersebut meliputi lima pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Baubau, empat pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Buton Selatan, serta dua pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Buton Tengah.

Pemeriksaan pada hari Sabtu (31/8/2024) melibatkan tes kesehatan jiwa, termasuk kecerdasan, nalar, dan deteksi gangguan kejiwaan.

“Hari ini kami melakukan tes kesehatan jiwa, termasuk tes MMPI dan wawancara,” kata dr. Saldy kepada Telisik. (B)

Penulis: Ali Iskandar Majid

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga