Kredit Bank Sultra Tumbuh 9 Persen di Tahun 2021

Andi Irna Fitriani, telisik indonesia
Jumat, 26 November 2021
0 dilihat
Kredit Bank Sultra Tumbuh 9 Persen di Tahun 2021
Direktur utama PT. Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Tenggara atau Bank Sultra, Abdul Latif. Foto: Ist.

" Bank Sultra telah menyalurkan total kredit sebesar Rp 7.387 miliar per September 2021 atau tumbuh sebesar 9 persen "

KENDARI, TELISIK.ID - Bank Sultra telah menyalurkan total kredit sebesar Rp 7.387 miliar per September 2021 atau tumbuh sebesar 9 persen.

Dari posisi September 2020 mencapai Rp 6.806 miliar dengan porsi terbesar penyaluran kredit pada sektor kredit konsumtif. Angka pertumbuhan tersebut di atas rata-rata pertumbuhan kredit secara nasional yang hanya mencapai 3,24 persen.

Kredit konsumtif merupakan fasilitas kredit yang diberikan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) atau karyawan swasta untuk membiayai kebutuhan seperti biaya pendidikan, pembelian alat-alat rumah tangga atau kebutuhan konsumtif lainnya.

Meski tidak semua juga tujuan penggunaan dana kredit digunakan untuk sektor konsumtif, namun banyak juga debitur yang menggunakan dana kreditnya untuk sektor atau usaha-usaha produktif.

Baca Juga: Tingkatkan Daya Beli Masyarakat, Pasar Tani Ini Tawarkan Harga Lebih Murah

PT. Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Tenggara atau Bank Sultra terus menggenjot penyaluran kredit agar bisa mendorong daya beli masyarakat ditengah pandemi COVID-19 serta mendukung pemerintah dalam upaya pemulihan ekonomi nasional.

Direktur utama Bank Sultra, Abdul Latif mengungkapkan, kredit konsumtif dapat membantu masyarakat untuk memenuhi  kebutuhan nasabah akan barang konsumtif.

Untuk melayani kebutuhan nasabah, pengajuan kredit konsumtif pada Bank Sultra diberikan dengan layanan yang mudah dan cepat.

Baca Juga: BI Sultra Berikan Penghargaan Stakeholder Awarding pada 12 Kategori, Ini Daftarnya

Nasabah juga dapat memilih skema yang diinginkan yaitu skema pembayaran kredit dengan bunga anuitas atau bunga flat dan jika dipergunakan untuk tujuan produktif, maka skema pembayaran bunga adalah bunga menurun dan bunga dihitung hanya untuk dana kredit yang telah ditarik atau dipergunakan.

"Persyaratan mudah dan ada asuransi perlindungan disesuaikan dengan jenis kredit yang diajukan nasabah, bahkan untuk saat ini Bank Sultra sedang mengadakan promo besar-besaran untuk kredit konsumtif dengan menurunkan bunga sebesar 1%, discount provisi sebesar 50?n gratis biaya administrasi, promo ini hanya berlaku sampai dengan akhir bulan Desember 2021 sehingga bagi nasabah yang ingin memanfaatkan promo ini dapat segera ke Kantor-Kantor Cabang Bank Sultra," jelas Latif.

Dia menambahkan, untuk jumlah ASN yang mengajukan kredit di Bank Sultra hingga periode Oktober 2021 yaitu kurang lebih 1.031 debitur.

"Kami juga tidak menetapkan  maksimal plafond untuk kredit konsumtif karena penentuan plafond disesuaikan dengan persentase dari gaji yang diterima oleh ASN yang mengajukan kredit konsumtif ini " tutupnya. (C-Adv)

Reporter: Andi Irna Fitriani

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga