Kronologi Dua Korban Tenggelam di Pantai Marlboro Buton Tengah

Elfinasari, telisik indonesia
Minggu, 14 April 2024
0 dilihat
Kronologi Dua Korban Tenggelam di Pantai Marlboro Buton Tengah
Korban MZ (20) dinyatakan meninggal dunia dan H (11) kini dirawat inap di Puskesmas Mawasangka. Foto: Ist.

" Dua orang menjadi korban tenggelam di Pantai Marlboro, Desa Balobone, Kecamatan Mawasangka, Kabupaten Buton Tengah pada Minggu (14/4/2024) "

BAUBAU, TELISIK.ID - Dua orang menjadi korban tenggelam di Pantai Marlboro, Desa Balobone, Kecamatan Mawasangka, Kabupaten Buton Tengah pada Minggu (14/4/2024).

Salah satu korbannya adalah MZ (20), seorang pengunjung, yang tenggelam dinyatakan meninggal dunia dalam peristiwa tragis tersebut.

Kasi Humas Polres Buton Tengah, Ipda La Ode Muh. Arsyad Alwan  menuturkan, kronologi kejadian bermula sekitar pukul 14.00 Wita. MZ bersama dengan sejumlah temannya, tengah menikmati pantai dengan mandi di laut. Sayangnya, saat berada di air, MZ tiba-tiba tidak sadarkan diri.

Baca Juga: Jelang Lebaran, Polisi Amankan Puluhan Liter Miras di Baubau

"Saat teman-temannya dan pengunjung lainnya menyadari keadaannya yang saat itu mulutnya telah mengeluarkan busa, mereka segera menariknya ke darat kemudian diantar oleh petugas PAM Wisata ke Puskesmas Mawasangka untuk mendapatkan perawatan medis," ungkapnya.

Sementara itu, dalam insiden yang sama, seorang anak pengunjung lainnya, H (11) juga mengalami insiden tenggelam.

"Awalnya, H sedang bermain di pinggir laut bersama temannya. Saat hendak mengambil sendal yang terbuang ke laut, ia tergelincir dan tenggelam," tuturnya.

Beruntung, H segera mendapat pertolongan dari pengunjung lain dan saat ini sedang dirawat di Puskesmas Mawasangka untuk pemulihan lebih lanjut.

Dr. Deby dari Puskesmas Mawasangka menjelaskan, upaya penyelamatan MZ tidak membuahkan hasil. Dimana kata dia, saat korban tiba di puskesmas nyawanya sudah tidak tertolong.

"Pemeriksaan awal menunjukkan kemungkinan penyebab kematian adalah aspirasi, yang bisa disebabkan oleh masuknya makanan atau air laut ke saluran pernapasan," kata Dr. Deby.

Baca Juga: Polisi Sita Puluhan Liter Arak di Buton Tengah

Keluarga korban juga menyampaikan bahwa MZ memiliki riwayat penyakit epilepsi, yang mungkin berperan dalam keadaannya saat insiden terjadi.

Berkaitan insiden tersebut, pihak berwenang merekomendasikan untuk melakukan proses autopsi guna menentukan penyebab pasti kematian MZ.

Kini korban MZ telah dibawa pulang ke rumah duka di Desa Moolo, Kecamatan Batukara, Kabupaten Muna oleh keluarganya. Sementara H sementara masih dalam perawatan di Puskesmas Mawasangka (Rawat Inap). (B)

Penulis: Elfinasari

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga