Kronologis Mobil Pick Up Pengangkut 80 Jeriken Pertalite Alami Kebakaran

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Kamis, 07 Desember 2023
0 dilihat
Kronologis Mobil Pick Up Pengangkut 80 Jeriken Pertalite Alami Kebakaran
Sebuah mobil pick up Grand amax pengangkut 80 jeriken pertalite alami kebakaran di Kolaka Timur. Foto: Ist.

" Humas Polres Kolaka Timur, Aipda Pendi Palintin, mengungkap identitas pengemudi mobil pick up bernama Idrus (33) dan Wiwi Kristiani (28) yang merupakan penumpang "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Sebuah mobil pick up Grand Max warna putih nomor polisi DT 8492 AB yang mengangkut 80 jeriken pertalite, mengalami kebakaran di jalan poros Rate-Rate - Ladongi Kelurahan Tababu, Kecamatan Tirawuta, Kabupaten Kolaka Timur, Rabu (6/12/2023) malam.

Humas Polres Kolaka Timur, Aipda Pendi Palintin, mengungkap identitas pengemudi mobil bernama Idrus (33) dan Wiwi Kristiani (28) yang merupakan penumpang.

Aipda Pendi Palintin membeberkan kronologis kejadian awalnya pukul 21.00 Wita, pengemudi mengendarai mobil pick up Grand Max warna putih memuat BBM jenis pertalite sebanyak 80 jeriken berangkat dari Kecamatan Toari, Kabupaten Kolaka, akan menuju Desa Labota, Kecamatan Bungku, Kabupaten Morowali.

Namun, lanjut Aipda Pendi Palintin, pada pukul 21.15 Wita, mobil mengalami kerusakan dan masih dipaksakan untuk berjalan.

"Sopir merasakan mobil oleng, lalu turun untuk memeriksa. Kemudian mobil  mengeluarkan asap dengan percikan api," ujarnya.

Baca Juga: Sebuah Minibus di Kolaka Timur Terbakar, Api Ikut Sambar Tiang Listrik

Lanjut Aipda Pendi Palintin, selanjutnya sopir meminta bantuan warga karena api sudah menjalar ke jerigen BBM yang ia bawa, namun setelah disiram air, api semakin membesar.

Selang beberapa saat, api semakin membesar, sopir dan warga meminta bantuan pemadam kebakaran.

"Satu unit mobil pemadam kebakaran Pemda Kolaka Timur tiba di Tempat Kejadian Perkara (TKP) untuk memadamkan api dan pukul 22.00 Wita, api berhasil dipadamkan," ungkapnya.

Terkait muatan 80 jeriken BBM jenis pertalite, pihak Polres Kolaka Timur masih melakukan pemeriksaan terhadap sopir.

"Belum ditahu modusnya apakah penimbun atau mobilnya yang disewa oleh penimbun," ungkap Aipda Pendi.

Atas kejadian tersebut, tidak ada korban jiwa, namun kerugian materi ditaksir mencapai ratusan juta rupiah, dengan rincian mobil pick up hangus terbakar, 80 jeriken BBM jenis pertalite habis terbakar, kabel listrik PLN sepanjang 20 meter mengalami kerusakan dan menyebabkan pemadaman lampu.

Sebelumnya, dalam 2 video berdurasi 22 detik dan 8 detik yang diterima Telisik.id, memperlihatkan mobil yang sudah terbakar api yang sudah besar.

Baca Juga: Medan yang Sulit, Kebakaran Rumah di Baubau Berhasil Dipadamkan

"Adakah yang simpan nomornya pemadam, di Lorong BRI kebakaran mobil dengan solar," ujar seorang pria dalam video 8 detik.

Sementara itu dalam video itu juga memperlihatkan kondisi mobil yang sudah dilahap api secara keseluruhan dan puluhan warga berusaha untuk melakukan pemadaman api secara manual.

"Ai tidak terselamatkan mi ini," ujar pria dalam video.

Dalam video juga memperlihatkan kobaran api yang sangat besar menyambar tiang listrik dan kabel-kabel PLN yang berada di sekitarnya. (B)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga