Kualifikasi Piala Dunia 2026: Timnas Indonesia Imbangi Australia, Maarten Paes Penyelamat

Merdiyanto , telisik indonesia
Selasa, 10 September 2024
0 dilihat
Kualifikasi Piala Dunia 2026: Timnas Indonesia Imbangi Australia, Maarten Paes Penyelamat
Jay Idzes (kiri) dan Mitchell Duke dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Grup C antara Indonesia vs Australia. Foto Repro REUTERS

" Pertandingan Timnas Indonesia kontra Australia harus bermain imbang tanpa gol dalam lanjutan putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia "

JAKARTA, TELISIK.ID - Pertandingan Timnas Indonesia kontra Australia harus bermain imbang tanpa gol dalam lanjutan putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Laga antara Indonesia vs Australia berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa, (10/9/2024) malam WIB.

Jalannya pertandingan

Sejak peluit kick-off dibunyikan, Timnas Indonesia langsung gas. Serangan cepat bertubi-tubi dilancarkan skuad Garuda. Dua peluang emas langsung didapatkan Indonesia di awal pertandingan.

Sandy Walsh mencoba peruntungan dengan tembakan jarak jauh, namun upayanya masih bisa dimentahkan oleh kiper Mathew Ryan.

Bola muntah kemudian jatuh ke kaki Rafael Struick yang langsung menyambarnya. Sayangnya, sepakan Struick juga masih bisa diantisipasi oleh Ryan.

Baca Juga: Fakta Salman Falahi Wasit Kontroversi Pimpin Laga Indonesia Vs Australia

Menit ke-4, Australia mencoba membalas melalui serangan balik cepat. Umpan panjang langsung dilayangkan ke sisi kiri pertahanan Indonesia.

Nestory Irankunda yang bergerak cepat mencoba mengejar bola, namun Jay Idzes dengan sigap memotong pergerakannya. Bek naturalisasi Indonesia itu berhasil menghalau bola keluar lapangan.

Australia kembali mengancam di menit ke-18 melalui tendangan keras Jackson Irvine dari luar kotak penalti. Namun, upaya Irvine masih bisa diblok oleh Jay Idzes dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Maarten Paes sekali lagi membuktikan dirinya sebagai pahlawan di bawah mistar gawang Indonesia. Kali ini, ia berhasil menepis sundulan berbahaya. Ini merupakan penyelamatan brilian kedua yang dilakukan kiper FC Dallas dalam pertandingan ini.

Di menit ke-34, Australia mengancam melalui tembakan jarak jauh Nestory Irankunda. Bola membentur mistar gawang dan membahayakan Indonesia. Beruntung, Maarten Paes dan pertahanan Indonesia mampu menyelamatkan situasi.

Indonesia nyaris mencetak gol melalui serangan balik cepat. Namun, upaya Ivar Jenner untuk memberikan umpan kepada Rafael Struick dihentikan oleh handball Keanu Baccus. Wasit tanpa ragu memberikan kartu kuning kepada pemain Australia tersebut.

Peluang terakhir di babak pertama didapat Australia melalui tendangan bebas Craig Goodwin di masa injury time. Kemelut sempat terjadi di depan gawang Indonesia, namun skor tetap imbang hingga turun minum.

Di awal babak kedua, Timnas Indonesia melakukan pergantian pemain. Witan Sulaeman masuk menggantikan Rafael Struick. Dengan pergantian ini, Ragnar Oratmangen pun bergeser posisi menjadi ujung tombak.

Marselino Ferdinan berusaha meluncurkan tendangan melengkung dari sisi kiri kotak penalti, namun bola masih menyamping dari gawang.

Serangan balik Australia nyaris membuahkan hasil, namun ambisi Nestory Irankunda dihentikan oleh pelanggaran keras Nathan Tjoe A On. Wasit pun memberikan hadiah tendangan bebas kepada tim tamu.

Menit ke-68 peluang emas Australia tercipta saat Adam Taggart memanfaatkan kemelut di kotak penalti. Namun, Maarten Paes sekali lagi menunjukkan kelasnya dengan mengamankan gawangnya.

Intensitas pertandingan Indonesia vs Australia meningkat di babak kedua. Kedua tim menciptakan sejumlah peluang emas, namun hingga menit ke-74 belum ada gol yang tercipta.

Australia mendapat peluang emas di menit ke-77. Awer Mabil yang lolos dari kawalan berhasil menyundul bola, namun sayang, bola masih melambung di atas gawang.

Indonesia mendapatkan peluang emas di menit ke-88 melalui serangan balik cepat. Namun, umpan silang Pratama Arhan ke arah Ragnar Oratmangoen yang sudah siap menyambut bola, sayangnya meleset dari sasaran.

Baca Juga: Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia: Prediksi Line Up Timnas Indonesia Vs Australia, Justin Hubner Comeback

Pada menit ke-90+3 Pratama Arhan melakukan umpan silang dari sisi kiri yang coba disambut oleh Witan Sulaeman di dalam kotak penalti. Namun, tembakan yang dilepaskan masih menyamping dari gawang.

Australia mendapatkan peluang terakhir melalui tendangan bebas yang dieksekusi Samuel Silvera. Namun, tembakannya melambung tinggi di atas gawang, membuat Indonesia bisa bernapas lega.

Wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan. Indonesia dan Australia harus puas berbagi poin dengan skor 0-0.

Berikut susunan pemain Timnas Indonesia vs Australia pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Indonesia: Maarten Paes; Jay Idzes, Rizky Ridho, Justin Hubner; Ivar Jenner, Nathan Tjoe-A-On, Sandy Walsh, Calvin Verdonk; Marselino Ferdinan, Ragnar Oratmangoen, Rafael Struick.

Australia: Mathew Ryan; Harry Souttar, Cameron Burgess, Aziz Behich, Alessandro Circati; Keanu Baccus, Jackson Irvine; Mitchell Duke, Samuel Silvera, Nestory Irankunda, Craig Goodwin. (B)

Penulis: Merdiyanto

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga