Kukuhkan Tim Pemenangan Baru Pilbup Buton, Alvin - Syarifudin Siapkan Digitalisasi Desa

Febriyani, telisik indonesia
Kamis, 12 September 2024
0 dilihat
Kukuhkan Tim Pemenangan Baru Pilbup Buton, Alvin - Syarifudin Siapkan Digitalisasi Desa
Bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Buton, Alvin Akawijaya Putra dan Syarifudin Saafa, saat pengkuhan tim pemenang di Gedung Wakaka, Kamis (12/9/2024). Foto: Febriyani/Telisik

" Tensi politik di Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, perlahan mulai naik jelang pemilihan bupati – wakil bupati (Pilbup) 2024. Kondisi ini diwarnai oleh pembentukan tim pemenangan oleh masing-masing kontestan "

BUTON, TELISIK.ID — Tensi politik di Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, perlahan mulai naik jelang pemilihan bupati – wakil bupati (Pilbup) 2024. Kondisi ini diwarnai oleh pembentukan tim pemenangan oleh masing-masing kontestan.

Terbaru adalah bakal pasangan calon (bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Buton, Alvin Akawijaya Putra - Syarifudin Saafa. Pasangan ini mengukuhkan tim pemenangannya di Gedung Wakaka, Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton, Kamis (12/9/2024).

Alvin menegaskan kesiapannya bersama Syarifudin untuk bertarung di Pilbup 2024. Dia mengatakan bahwa kontestasinya di pilbup kali ini sebagai bukti cinta kepada Kabupaten Buton.

Menurut Alvin, banyak hal yang perlu dibenahi di Kabupaten Buton, termasuk sumber daya alam potensial yang perlu dikelola dan dimanfaatkan secara baik untuk pembangunan daerah dan masyarakat.

“Tapi perlu diketahui, saya hadir di sini sebagai bentuk cinta saya kepada daerah saya sendiri. Saya menggaet putra terbaik daerah (Syarifudin Saafa, red) yang tersembunyi di Manado, untuk bersama sama membangun Buton,” kata Alvin.

Baca Juga: Tim Pemenangan RD - FPK di Puriala Bertekad Rebut Kursi Bupati - Wakil Bupati Konawe

Alvin menegaskan kepada masyarakat untuk tidak percaya pada isu yang memojokan dirinya. Dia beralasan bahwa maju untuk bertarung di Pilkada 2024 karena membawa cinta dan perdamaian untuk Kabupaten Buton.

Isu-isu negatif yang ditujukan kepadanya, menurut Alvin, adalah bahwa dirinya akan memindahkan warga yang tinggal di sekitar Pantai Pasarwajo. Alvin menegaskan hal itu tidak mungkin terjadi karena dirinya juga tinggal di lokasi tersebut.

“Pesan dari bapak saya dan Bapak Prabowo Subianto, jika ada orang yang isukan kita atau menjelekkan kita, balas mereka dengan cinta dan buktikan dengan cinta,” tandasnya.

Pasangan Alvin, Syarifudin Saafa, mengaku telah berkeliling ke beberapa desa di Kabupaten Buton sekadar berbagi cerita dengan masyarakat.

Syarifudin mengaku bertemu warga di Buton bagian timur, tepatnya di Lasalimu dan Kapuntori. Masyarakat di dua kecamatan itu merasakan pelayanan publik yang kurang memuaskan.

Pelayanan publik yang dirasa kurang memuaskan, menurut Syarifudin, yakni ketika warga di Kapuntori dan Lasalimu ke Pasarwajo, Ibu Kota Kabupaten Buton, untuk mengurus keperluan administrasi.

“Namum kadang setibanya Pasarwajo yang mereka dapati operatornya tidak ada padahal jarak yang mereka tempuh cukup jauh. Terpaksa mereka harus kembali di hari berikutnya. Ini mencerminkan kualitas pelayanan publik kita yang masih rendah,” tuturnya.

Pelayanan publik yang masih terbatas itu mendorong Syarifudin dan Alvin untuk melakukan terobosan baru melalui program digitalisasi desa. Masyarakat tidak perlu lagi ke Pasarwajo mengurus administrasi kependudukan, tapi semua dilakukan di desa.

“Program digitalisasi desa ini memudahkan masyarakat dalam mengurus berkas kependudukan maupun perizinan lainya. Tidak perlu lagi ke dinas terkait tapi semua bisa dilakukan melalui desa,” papar Syarifudin.

“Desa yang bakal menjadi penghubung, karena sekarang sudah era teknologi dan semua serba dimudahkan dengan teknologi,” tambahnya.

Selain membenahi kualitas pelayanan publik, Syarifudin mengatakan, bersama Alvin bakal menggagas terobosan baru dengan memberikan santunan kepada setiap warga yang meninggal dunia, terutama pada masyarakat yang kurang mampu.

“Programnya adalah perlindungan kesejahteraan masyarakat. Jadi, setiap orang meninggal mendapatkan santunan sebesar 3 juta rupiah dari pemerintah (kabupaten),” katanya.

Syarifudin berkomitmen membawa Kabupaten Buton menjadi lebih baik sebagai Buton yang bersinar dan sejahtera.

Baca Juga: Ketua Partai Gerindra, NasDem dan PKS Komitmen Menangkan Bapaslon Alvin-Syarifudin di Pilkada Buton

“Harapanya kemenangan bersama kami, bersama Alvin dan Syarifudin, kami bakal bawa gebrakan baru dengan program unggulan yang bakal membawa Buton bersinar dan sejahtera,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Tim Pemenang Alvin - Syarifudin, Darmawan, meyakinkan dan optimis bisa mengantarkan Alvin - Syarifudin memenangkan pertarungan Pilbup Buton 2024.

“Saya yakin kita akan menjadi pemenang. Perjuangan kita hari ini akan menjadi cerita untuk anak cucu kita ke depan,” katanya.

Darmawan menegaskan bahwa Buton butuh pemimpin yang muda dan penuh inovasi. Dia menilai calon pemimpin seperti itu direpresentasikan oleh Alvin – Syarifudin.  

“Pemimpin saat ini bukan lagi memerintah dan menunjuk sana sini. Tetapi pemimpin di era modern ini adalah pemimpin yang langsung terjun ke lapangan, membuat gebrakan, dan inovatif. Oleh sebab itu kita butuh pemimpin yang muda dan penuh inovatif,” jelasnya. (A)

Penulis: Febriyani

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga