Kunjungi Citilink, Pj Bupati Muna Barat Minta Rute Bandara Sugimanuru ke Makassar Kembali Dibuka

Putri Wulandari, telisik indonesia
Rabu, 23 Agustus 2023
0 dilihat
Kunjungi Citilink, Pj Bupati Muna Barat Minta Rute Bandara Sugimanuru ke Makassar Kembali Dibuka
Kunjungan Pj Bupati Muna Barat ke kantor pusat Citilink guna meminta rute Muna Barat ke Makassar kembali dibuka. Foto: Ist.

" Seusai meminta Lion Air buka rute Bandara Sugimanuru ke Bandara Haluoleo, Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat kembali meminta Citilink buka rute Makassar ke Sugimanuru dan Bandara Haluoleo "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Seusai meminta Lion Air buka rute Bandara Sugimanuru ke Bandara Haluoleo, Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat kembali meminta Citilink buka rute Makassar ke Sugimanuru dan Bandara Haluoleo.

Kunjungan ke kantor pusat maskapai Citilink itu Pj Bupati Muna Barat, Bahri bersama Kepala Bandara Sugimanuru, Khusnudin dan Kepala Dinas Perhubungan Muna Barat.

Bahri mengatakan, kunjungan yang dilakukan itu untuk meminta dukungan konektivitas transportasi udara, sama halnya dengan kunjungan yang dilakukan saat di kantor pusat Lion Air.

"Kami juga meminta kepada maskapai Citilink untuk kembali membuka Bandara Sultan Hasanuddin ke Bandara Sugimanuru," ungkap Bahri via Whatsapp, Rabu (23/8/2023).

Tak hanya itu, pihak Pemda Muna Barat juga meminta penambahan rute penerbangan Bandara Sugimanuru ke Bandara Haluoleo. Serta menindaklanjuti kerjasama yang pernah dilakukan antara Pemda Muna Barat dan pihak Citilink.

Baca Juga: Polres Mulai Hijaukan Muna dan Muna Barat

Terlebih, sebelumnya Citilink pernah mendarat dengan rute Bandara Sugimanuru ke Bandara Hasanuddin.

Sesuai arahan Mendagri dan Surat Edaran Menteri Perhubungan, yaitu pemda diminta melakukan langkah-langkah agar pemda ikut serta dalam memulihkan penerbangan di daerah serta menstabilkan harga tiket, itu untuk menjaga keberlangsungan konektivitas udara pasca pandemi COVID-19.

Pasalnya, salah satu penyebab naiknya tarif pesawat dikarenakan harga avtur naik, pajak PPN naik hingga 11 persen, dan lainnya. Olehnya itu, pihak maskapai menunggu kepastian penumpang dan penumpang menunggu kepastian penerbangan, yang berimbas pada maskapai tidak terbang sebab tidak cukupnya penumpang.

Bahri katakan, animo masyarakat bagi transportasi udara saat ini sangat tinggi, apalagi penyumbang inflasi di Muna Barat salah satunya transportasi udara karena adanya kenaikan harga tiket.

Sehingga penawaran yang dilakukan antara pemda ke pihak Citilink yaitu membuka penerbangan dari Makassar ke Muna Barat dengan pola deposit dan block seat, yang mana sekali berangkat minimal 50 penumpang.

Dalam pola block seat ini dalam sekali terbang minimal 50 penumpang, berarti deposit yang disiapkan pemerintah daerah aman dan jika sebaliknya penumpang tidak sampai 50 maka deposit dipakai. Penawaran ini juga dilakukan dengan pihak Lion Air.

Selanjutnya, ia menegaskan untuk selalu mendukung program pemerintah terkait konektivitas transportasi udara, maka pihak Pemda Muna Barat akan berperan aktif dalam keberlangsungan operasional penerbangan dengan memastikan tingkat keterisian penumpang.

Baca Juga: Kamtibmas Muna-Muna Barat Kondusif, Ini Cara Kapolres

Selanjutnya, pemberian insentif, subsidi, atau bentuk lainnya yang dilakukan sesuai dengan mekanisme dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, sehingga konektivitas antar wilayah tetap terjaga.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Muna Barat, Bakhrun L Siharis mengatakan, ditutupnya rute penerbangan dikarenakan terjadinya ketidak berimbangan antara permintaan dan penawaran pada penerbangan rute Bandara Sultan Hasanuddin ke Bandara Sugimanuru ataupun sebaliknya.

"Sehingga saat masa pandemi COVID-19 pihak maskapai memangkas rute dan melepas sewa pesawatnya," ungkapnya.

Sehingga Pemda Muna Barat saat ini kembali meminta rute dari Makassar ke Muna Barat untuk dibuka kembali, dan menambah rute penerbangan dari Muna Barat ke Kota Kendari, sebab saat ini kebutuhan masyarakat untuk berpergian bertambah sesuai pemerintah melonggarkan syarat perjalanan, namun saat ini maskapai tidak memenuhi, khususnya di Muna Barat. (B-Adv)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga