Kunjungi Kendari, Tim Verifikasi Kota Sehat Datangi Sejumlah Titik

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 07 September 2023
0 dilihat
Kunjungi Kendari, Tim Verifikasi Kota Sehat Datangi Sejumlah Titik
Tim verifikasi KKS juga mengunjungi UKS dan melihat fasilitas yang tersedia di dalamnya termasuk pada fasilitas UKS bagi kaum difabel. Foto: Nur Khumairah/Telisik

" Tim verifikasi lapangan Kabupaten/Kota Sehat (KKS) Pusat mengunjungi Kota Kendari selama 2 hari, dimulai 5-6 September. Kunjungan tim verifikasi lapangan tersebut menyambangi beberapa lokus penilaian KKS "

KENDARI, TELISIK.ID - Tim verifikasi lapangan Kabupaten/Kota Sehat (KKS) Pusat mengunjungi Kota Kendari selama 2 hari, dimulai 5-6 September. Kunjungan tim verifikasi lapangan tersebut menyambangi beberapa lokus penilaian KKS.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari, drg Rahminingrum menyebut, kegiatan itu merupakan verifikasi lapangan untuk kota sehat, termasuk verifikasi lanjutan. Pendidikan merupakan salah satu titik pantau KKS.

Tim Verifikasi Lapangan Pusat, Anugerah mengatakan, proses verifikasi lapangan ini adalah hal yang paling penting, karena ini, memvalidasi dokumen yang telah disampaikan Pemerintah Kota Kendari.

“Ini sebenarnya ujungnya saja, yang sudah dilakukan dan sudah dipersiapkan itu tidak sekedar di atas kertas saja, tapi kita bisa langsung lihat buktinya di lapangan,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Tiba di Kota Kendari, Ini Lokasi Pertama Dikunjungi Pj Gubernur Sulawesi Tenggara

Selanjutnya, mewakili tim verifikasi lapangan, Anugerah mengatakan, keinginan untuk mengembalikan penghargaan Swasti Saba Wistara, Kota Kendari layak mendapatkannya.

“Ini bisa dipertimbangkan, tetapi tentu masih ada proses nanti akan kami laporkan kembali ke tim pusat kondisi faktualnya akan kita bandingkan dengan hasil dokumen yang kami terima sebelumnya,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SDN 92 Kendari, Endang Sukmawati menyebut dari 100 lebih sekolah yang ada di Kota Kendari, SDN 92 Kendari terpilih menjadi perwakilan di Kota Kendari.

"Kami ditunjuk penilaian dinas untuk mewakili sekolah sehat di tingkat nasional, kemudian kemarin masih di Agustus tanggal 14, kami juga kedatangan tim penilai dari pusat terkait Adipura," bebernya melalui sambungan telepon, Kamis (7/9/2023).

Ia menambahkan, pencapaian tersebut tak serta merta didapatkan melainkan dengan pola asuh dan didik yang diterapkan sejak dini pada masing-masing siswa terutama dalam meningkatkan kesadaran akan kebersihan.

Adapun beberapa titik pantau yang dilakukan oleh KKS di antaranya:

1. Terminal Baruga

2. SDN 92 Kendari

3. Posyandu Permata Kelurahan Anawai

4. MPP Gedung Balai Kota Kendari

5. Sekretariat Forum Kota Sehat Kendari

6. Posyandu Balaikota Sehat Kelurahan Pondambea

7. Paddys Market

8. IPLT Pulonggida

Baca Juga: Pj Gubernur Sulawesi Tenggara Tiba di Kendari, Andap: Mohon Bantuan dan Dukungannya

9. TPA Puuwatu

10. SMPN 9 Kendari

11. Masjid Al Alam

12. UMKM Bravo

13. Kelurahan Tipulu

14. Puskesmas Benu-Benua

15. Pantai Nambo

16. Pasar Lapulu

17. Kebun raya Nang-Nanga

18. BTN Kendari Permai Kelurahan Padaleu. (A)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga