Kurangi Pengangguran, BLK Kendari Latih Ratusan Warga

Andi Irna Fitriani, telisik indonesia
Senin, 10 Januari 2022
0 dilihat
Kurangi Pengangguran, BLK Kendari Latih Ratusan Warga
Penyerahan simbolis ID Card peserta pelatihan, oleh Kepala Asisten III bidang administrasi umum Sultra, Ir. Sukanto Toding Foto: Andi Irna Fitriani/Telisik

" Sebanyak 144 peserta mengikuti pelatihan berbasis kompetensi Non-boarding dan Boarding di Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Sebanyak 144 peserta mengikuti pelatihan berbasis kompetensi Non-boarding dan Boarding di Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari tahap pertama di tahun 2022.

Gubernur Sultra, Ali Mazi, yang diwakili, Asisten III bidang Administrasi Umum Sultra, Sukanto Toding mengatakan, BLK Kendari sebagai salah satu unit pelaksana teknik pusat Kementrian Ketenagakerjaan, memiliki peran penting mengurangi angka pengangguran, khususnya di Sultra.

Melalui pelatihan kompetensi tersebut, ia mengharapkan dapat lahir calon tenaga kerja yang kompeten, kreatif, inovatif serta mampu beradaptasi dengan perubahan dan perkembangan zaman yang semakin cepat dan dinamis.

"Apalagi tantangan yang semakin besar sebagai akibat revolusi industri dan bonus demografi," katanya, Senin (10/1/2022).

Lanjut, ia berpesan kepada peserta untuk berlatih secara sungguh-sungguh, memanfaatkan pelatihan sebaik-baiknya dan mengikuti dengan penuh disiplin.

"Agar ke depannya dapat menolong diri sendiri dan keluarga, sekaligus berkontribusi dalam pembangunan ketenagakerjaan di Sultra," ujarnya.

Tempat sama, Kepala BLK Kendari La Ode Haji Polondu mengatakan, pelatihan yang dibuka kali ini sebanyak 9 paket keahlian, yaitu tata rias pengantin hantaran, asisten pembuatan pakaian, pengelolaan administrasi perkantoran

Kemudian juru ukur, desain grafis madya, computer operator assistant, service sepeda motor injeksi, teknisi telepon seluler perangkat keras dan Pemasangan pembangkit listrik tenaga Surya off-grid.

“Melalui pelatihan ini, kami memberikan soft skill dan hard skill dengan harapan menciptakan tenaga kerja terampil dan menekan angka pengangguran di Sulawesi Tenggara,” katanya.

Baca Juga: Siswa SMPN 9 Konsel yang Rakit Pesawat Tanpa Awak Ternyata Idolakan BJ Habibie

Para peserta nantinya akan mendapatkan pelatihan selama durasi waktu yang telah ditentukan pihak BLK Kendari, yaitu 10 Januari-21 Februari, 10 Januari-24 Februari, dan 10 Januari-1 Maret 2022.

“Para peserta akan menjalani pelatihan di BLK Kendari dan mendapatkan bimbingan dari instruktur yang telah kompeten di bidangnya masing-masing. Mereka yang dinyatakan kompeten akan mendapatkan sertifikat pelatihan dari BLK Kendari,” ungkapnya.

Sementara itu salah seorang peserta pelatihan, Hartia berharap dengan mengikuti pelatihan tersebut, bisa membuatnya semakin mahir dalam hal desain grafis yang ia pilih.

Baca Juga: Wabup Muna Ingatkan Birokrasi Jaga Etika

"Semoga juga dengan ini saya bisa lebih mudah mendapatkan pekerjaan, apalagi kan setelah mengikuti pelatihan kita mendapatkan sertifikat yang pasti akan sangat berguna untuk ke depannya," harapnya. (A)

Reporter: Andi Irna Fitriani

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga