Kurangi Risiko Bencana, Pemda Muna Barat Bentuk FPRB

Putri Wulandari, telisik indonesia
Jumat, 15 September 2023
0 dilihat
Kurangi Risiko Bencana, Pemda Muna Barat Bentuk FPRB
Pemda Muna Barat bentuk FPRB untuk mengurangi risiko bencana yang berakibat fatal bagi masyarakat. Foto: Ist.

" Upaya mengurangi risiko bencana di daerah, Pemerintah Daerah (Pemda) Muna Barat membentuk Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Upaya mengurangi risiko bencana di daerah, Pemerintah Daerah (Pemda) Muna Barat membentuk Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB).

Suatu daerah tak luput dari potensi bencana alam yang akan menimbulkan risiko besar bagi masyarakat, terutama di Kabupaten Muna Barat bencana alam tak dapat dipungkiri.

Hal ini diungkapkan oleh Asisten III Setda Muna Barat, Syahrullah Ando mengatakan, adanya pembentukan forum pengurangan bencana itu sangat penting sebagai bentuk pemenuhan kebutuhan pelayanan dasar dalam bidang ketenteraman dan perlindungan masyarakat.

"Harapannya para peserta dapat meningkatkan kapasitas sebagai unsur dalam penanggulangan bencana," ungkapnya, Jumat (15/9/2023).

Baca Juga: Pj Bupati Muna Barat Tak Respon Usulan Tambahan Anggaran Pilkada

Sementara itu, Plt Kepala BPBD Muna Barat, Karimin mengatakan, adanya pembentukan forum ini dapat menjadi mitra kerja dalam penanganan bencana, khususnya dalam pengkajian pencegahan risiko terjadinya bencana.

"Tujuan utama dari forum ini ialah di bidang pra bencana, walaupun tidak menuntut kemungkinan setelah kejadian bencana tanggap daruratnya juga akan dilibatkan" ujarnya.

Karimin katakan, hadirnya forum penanggulangan bencana ini sangat penting, terlebih Muna Barat merupakan daerah yang memiliki 11 potensi bencana ini berdasarkan hasil kajian risiko bencana.

Bencana yang berisiko terjadi di Muna Barat ialah puting beliung, ombak pasang, banjir, kekeringan, kebakaran hutan, longsor, kerusuhan sara, gempa bumi, wabah penyakit, tsunami dan gagal panen.

Olehnya itu, dengan terbentuknya FPRB yang memiliki tugas sebagai pengkajian dari sisi pencegahan dan pengurangan risiko bencana itu sangat penting, nantinya dapat melakukan sosialisasi bencana, sehingga informasi mengenai pencegahan risiko bencana bisa sampai hingga tingkat bawah.

Baca Juga: Keluhan Nakes Direspon Cepat Pj Bupati Muna Barat

Ia menambahkan dalam pembentukan FPRB melibatkan banyak elemen masyarakat mulai dari pemerintah, LSM, media massa, dunia usaha, dan lainnya. Sehingga melalui kegiatan sosialisasi dan pembentukan FPRB sekaligus untuk meningkatkan kesiapsiagaan unsur pentaheliks di masyarakat dalam pengurangan risiko bencana. 

Pentahelix berarti partisipasi pemerintah, masyarakat, dunia usaha, akademisi, dan media massa, setepah terbentuk forum di kabupaten maka tugas yang paling mendesak sekali adalah pembentukan forumnya hingga ditingkat desa.

Kemudian setelah terbentuk forum, dapat dibuat perencanaan-perencanaan yang baik dalam mendukung kegiatan-kegiatan kebencanaan di Muna Barat. (B-Adv)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga