La Ode Darwin Target Borong Semua Parpol di Muna Barat

Kardin, telisik indonesia
Selasa, 14 Mei 2024
0 dilihat
La Ode Darwin Target Borong Semua Parpol di Muna Barat
Balon Bupati Muna Barat, La Ode Darwin, hendak memborong semua parpol pemilik kursi legislatif di daerah tersebut. Foto: Kardin/Telisik

" Bakal Calon (Balon) Bupati Muna Barat, La Ode Darwin, target memborong seluruh partai politik (parpol) yang memiliki kursi di legislatif hasil Pemilu Februari 2024 lalu "

MUNA BARAT, TELISIK.ID -  Bakal Calon (Balon) Bupati Muna Barat, La Ode Darwin, target memborong seluruh partai politik (parpol) yang memiliki kursi di legislatif hasil Pemilu Februari 2024 lalu.

Darwin cukup yakin, usai mendapat surat tugas dari Partai Golkar, Demokrat dan PDIP, ditambah dirinya telah mendaftarkan diri ke PKB, NasDem. Ia juga masih menunggu partai lainnya membuka pendaftaran.

Ia mengaku sudah melakukan komunikasi politik, baik di tingkat pengurus daerah maupun di dewan pimpinan pusat (DPP) ihwal keseriusan maju Pilkada Muna Barat dengan menggaet seluruh partai.

Baca Juga: Putra Buton Mantan Pj Bupati Penajam Paser Utara Bere Ali, Siap Pulang Kampung Tarung Pilkada

"Saya berharap 20 kursi yang diperoleh partai politik bisa berikan dukungan kepada saya," ujar Darwin saat ditemui di Kota Kendari, Senin (13/5/2024).

Soal keinginannya merebut semua kursi, bukan tanpa alasan. Menurut dia, iklim politik Muna Barat berbeda dengan kabupaten lain yang ada di Sulawesi Tenggara. Jika dikotak-kotakkan bisa menimbulkan banyak konflik sosial, karena hanya persoalan perbedaan pilihan.

Hal itulah yang membuat Darwin tidak ingin terjadi gejolak, hingga mempengaruhi proses pembangunan di Muna Barat. Sebab, Darwin ingin fokus bekerja setelah terpilih menjadi bupati kelak, tanpa meninggalkan konflik berkepanjangan.

Karena target Darwin kelak menjadi orang nomor satu di Muna Barat, dirinya mau daerahnya berkembang dan bisa bersaing dengan kabupaten lain yang sudah jauh berkembang.

"Target saya itu, bukan berarti tidak memberikan ruang kepada calon lain untuk ikut berkompetisi atau bukan berarti saya takut menghadapi lawan, saya ingin menciptakan iklim politik yang teduh dan aman, karena kita tahu sendiri Muna Barat dan Muna kalau soal politik situasi pasti panas ketimbang daerah lainnya," pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua DPD PDIP Sulawesi Tenggara, Lukman Abunawas menerangkan, partainya benar-benar memberikan ruang pada bakal calon (balon) kepala daerah yang hendak menggunakan PDIP menghadapi Pilkada 2024.

Namun, PDIP memiliki 3 kriteria bagi para kandidat. Pertama, figur tersebut memiliki elektabilitas dan popularitas yang mendominasi dari kandidat lainnya. Kemudian, jika tak cukup kursi, figur harus mampu merangkul parpol lainnya sebagai koalisi untuk mencukupi kursi sebagai syarat minimal oleh KPU di masing-masing daerah. Terakhir, mumpuni dalam hal finansial.

Baca Juga: Wakapolres Wakatobi Kompol La Ode Surahman Hamu Akan Mundur dari Kepolisian dan jadi Calon Bupati

"Jadi di PDIP tidak ada mahar, kita tidak memungut mahar. Misalnya yang lain, ada misalnya beberapa kursi, 1 kursi Rp 500 juta. Kalau PDIP tidak ada itu," ungkap Lukman Abunawas, baru-baru ini.

Sebagai informasi, jumlah kursi di DPRD Muna Barat sebanyak 20 kursi, parpol yang memperoleh kursi hanya delapan partai. Di antaranya, PDIP 5 kursi, Golkar 3 kursi, PKB 3 kursi, NasDem 3 kursi, Demokrat 3 kursi, PBB 1 kursi, Gerindra 1 kursi dan PPP 1 kursi.

Adapun syarat mengusung, Calon Bupati dan Wakil Bupati Muna Barat hanya butuh 4 kursi atau 20 persen dari jumlah keseluruhan kursi parpol di DPRD setempat. (B)

Penulis: Kardin

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga