Laga Indonesia vs Filipina Dipimpin Wasit Kontroversial Rustam Lutfullin, Pernah Diserang Pemain Korea Utara

Merdiyanto , telisik indonesia
Selasa, 11 Juni 2024
0 dilihat
Laga Indonesia vs Filipina Dipimpin Wasit Kontroversial Rustam Lutfullin, Pernah Diserang Pemain Korea Utara
Laga Timnas Indonesia vs Filipina akan dipimpin wasit kontroversi Rustam Lutfullin asal Uzbekistan yang pernah diserang pemain Korea Utara. Foto: Repro Cnnindonesia.com

" Wasit asal Uzbekistan, Rustam Lutfullin, ditunjuk sebagai wasit di pertandingan Timnas Indonesia vs Filipina di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia "

JAKARTA, TELISIK.ID - Wasit asal Uzbekistan, Rustam Lutfullin, ditunjuk sebagai wasit di pertandingan Timnas Indonesia vs Filipina di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Timnas Indonesia akan melawan Filipina pada lanjutan Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta, pada Selasa (11/6/2024) malam.

Mengutip Tvonenew.com, laga ini merupakan laga pamungkas untuk Timnas Indonesia lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Laga Indonesia vs Filipina akan dipimpin oleh Rustam Lutfullin asal Uzbekistan, wasit yang pernah memiliki kenangan manis bersama Garuda muda.

Rustam Lutfullin tercatat pernah memimpin satu laga Timnas Indonesia U-20 saat melawan Hong Kong di kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Baca Juga: Prediksi Timnas Indonesia Vs Filipina, Jordi Amat Out, Jay Idzes dan Calvin Verdonk In

Dalam laga tersebut, Timnas Indonesia U-20 asuhan Shin Tae-yong sukses memetik kemenangan telak dengan skor 5-1.

Namun demikian, wasit kelahiran Uzbekistan itu pernah viral akibat keputusan yang kontroversial di Asia Games 2022 di Huangzhou China seperti dilansir dari Cnnindonesia.com.

Dimana, Rustam Lutfullin saat itu mendapat banyak protes dari pemain Korea Utara ketika menghadapi Jepang di babak perempat final Asian Games 2022.

Puncaknya, setelah Korea Utara kalah 1-2 dari Jepang, Rustam Lutfullin langsung diserang para pemain Korea Utara yang tidak puas dengan kepemimpinan wasit asal Uzbekistan itu.

Pemain Korea Utara marah ketika Rustam Lutfullin menghadiahkan penalti kepada Jepang setelah kiper mereka Kang Juh Yok dinilai melanggar Jun Nishikawa. Yuta Matsumura berhasil mencetak gol pada menit ke-80 lewat penalti menjadi penentu kemenangan Jepang atas Korea Utara.

Sebentar malam Rustam Lutfullin akan memimpin pertandingan Timnas Indonesia vs Filipina. Rustam Lutfullin diharapkan bisa baik dan adil saat memimpin pertandingan ini.

Baca Juga: Dilibas Irak, Timnas Indonesia Masih Berpeluang di Klasemen Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

Pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Rustam Lutfullin tercatat sudah dua kali memimpin pertandingan yakni Filipina vs Vietnam pada 16 November 2023 dan Pakistan vs Yordania pada 21 Maret 2024.

Menariknya dua pertandingan itu, berakhir dengan kemenangan dari tim tamu. Dimana, Vietnam berhasil mengalahkan tuan rumah Filipina 2-0, kemudian Yordania menang atas Pakistan 3-0.

Dalam pertandingan Filipina vs Vietnam, Rustam Lutfullin mengeluarkan lima kartu kuning. Sedangkan saat pertandingan Pakistan vs Yordania dia mengeluarkan empat kartu kuning. (C)

Penulis: Merdiyanto

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga