Lahan Milik Pemkot Baubau Hangus Terbakar

Iradat Kurniawan, telisik indonesia
Senin, 14 Februari 2022
0 dilihat
Lahan Milik Pemkot Baubau Hangus Terbakar
Nampak kobaran api sedang melalap sebuah lahan kosong milik Pemkot Baubau. Foto: Ist

" Api itu dengan cepatnya merambat dan menghanguskan semak belukar di lahan kosong tersebut "

BAUBAU, TELISIK.ID - Semak belukar di sebidang tanah milik pemerintah yang terletak tepatnya di samping kantor Sekretariat Daerah Kota Baubau tiba-tiba saja terbakar, Senin sore (14/2/2022).

Belum diketahui penyebab atau sumber dari kebakaran tersebut, namun menurut penuturan warga setempat, api yang melalap lahan kosong tersebut dengan cepat merambat dan nyaris menghanguskan beberapa kabel di tiang listrik yang tepat berada di sekitar kebakaran itu terjadi.

"Api itu tiba-tiba saja muncul dari tengah-tengah semak belukar," tutur Idris Malewa, warga yang melihat dan menyaksikan awal mula dari peristiwa tersebut, Senin (14/2/2022).

Idris Malewa juga menuturkan, api itu dengan cepatnya merambat dan menghanguskan semak belukar di lahan kosong tersebut.

"Kebakaran di lahan itu bukan yang pertama kalinya, tapi sudah beberapa kali, malahan pernah juga menghanguskan semua lahan di sekitarnya," lanjutnya.

Sementara itu, dari penuturan warga lain yang tidak mau disebut namanya mengatakan, kemungkinan besarnya api tersebut  bersumber dari puntung rokok.

Baca Juga: Kebakaran Hanguskan Empat Kios Pasar Panjang, Diduga Akibat Orang Mabuk Main Api

"Saya juga tidak tau pasti asal dan dari mana sumber api itu, tetapi kemungkinan berasal dari sebuah puntung rokok," tuturnya.

"Untung saja api tersebut cepat dipadamkan oleh tim dari pemadam kebakaran karena saya lihat api itu sudah hampir mengenai kabel di tiang listrik," katanya.

Baca Juga: Bapenda Target Pajak Rumah Makan di Kolut Rp 500 Juta

Warga tersebut juga mengatakan, Wali Kota Baubau, Laode Ahmad Monianse juga sempat bersama-sama tim Damkar berupaya memadamkan kobaran api tersebut.

Dan dari pantauan telisik.id, di tempat kejadian terlihat api tersebut memang telah menghanguskan hampir seluruh lahan milik Pemerintah Kota Baubau itu.

Terlihat juga tim Damkar dengan sigap berusaha memadamkan api dan berupaya agar api tersebut tidak merambat kedaerah sekitarnya. (A)

Reporter: Iradat Kurniawan

Editor: Kardin

Baca Juga