Lahan Warga di Belakang Islamic Center Kendari Dilalap Si Jago Merah

Erni Yanti, telisik indonesia
Minggu, 22 Oktober 2023
0 dilihat
Lahan Warga di Belakang Islamic Center Kendari Dilalap Si Jago Merah
Lahan warga di belakang Islamic Center Kendari dilalap si jago merah. Foto: Erni Yanti/Telisik

" Si jago merah kembali melalap lahan kosong milik seorang warga di belakang Islamic Center, Kelurahan Kambu Kota Kendari Pukul 13:00 Wita "

KENDARI, TELISIK.ID - Si jago merah kembali melalap lahan kosong milik seorang warga di belakang Islamic Center, Kelurahan Kambu Kota Kendari Pukul 13:00 Wita, Minggu (22/10/2022).

Menurut pengakuan salah seorang warga, Marwan, kebakaran tersebut bermula pembakaran sampah saat diadakan kerja bakti, namun masih tersimpan sisa api yang menyebabkan kebakaran.

"Awalnya kemarin ada pembakaran sampah, kemudian merambat ke batang kayu yang sudah lapuk, tadi pagi berasap saja, tadi siang langsung muncul api merambat ke rumput sampai ke atas pohon," ujar Marwan.

Baca Juga: Pentingnya Konsumsi Telur Ayam Cegah Stunting pada Anak

Ia mengatakan, sekitar pukul 13:00 Wita api mulai membesar, warga terus berjaga dan berupaya menelepon tower air untuk memadamkan api, namun api terus membesar.

"Kita jagai sambil telepon air tower, ada inisiatif dari masyarakat menelepon pemadam kebakaran, karena tidak sanggup kalau cuma air tower," pungkasnya.

Kekhawatiran masyarakat, api akan merambat ke rumah-rumah warga dan gedung Islamic Center Kendari, kemudian menghubugi pemadam kebakaran pukul 15:30 Wita.

Warga lainnya, Irianto yang kaget atas kejadian tersebut, sebelumnya hanya asap dari batang kayu lapuk lalu muncul api merambat ke rerumputan hingga beberapa pohon.

Baca Juga: Bakal Ditertibkan, Begini Respon Pedagang di Kelurahan Kadia

"Tadi pagi ini hanya asap, tapi semakin siang dan keras angin muncul api merambat ke rumput-rumput tinggi," katanya.

Atas kejadian tersebut satu unit mobil pemadam kebakaran turun ke lokasi untuk memadamkan api. Tak ada kerugian yang dan korban jiwa atas kejadian tersebut, namun warga kembali diingatkan untuk tidak membakar sembarangan saat ini.

"Posisinya tadi sudah terbakar namun juga sudah ada upaya dari masyarakat sebelum menjalarnya api semakin luas. Tadi sekitar 10 menit kami padamkan," ungkap Komandan Regu Pemadam Kebakaran, Jupriadin. (A)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga