Lakukan 5 Langkah Ini Kecilkan Perut Buncit, Tanpa Diet dan Olahraga

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Kamis, 07 September 2023
0 dilihat
Lakukan 5 Langkah Ini Kecilkan Perut Buncit, Tanpa Diet dan Olahraga
Perut buncit dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti pola makan yang tak sehat, kurang aktvitas fisik, dan lainnya. Foto: Repro Liputan6.com

" Anda dapat mengecilkan perut buncit dan menurunkan berat badan tanpa harus langsung mengurangi porsi makan "

KENDARI, TELISIK.ID – Perut buncit membuat banyak orang tak percaya diri, karena dapat merusak penampilan dan tak sedap dipandang. Sebaliknya, perut rata dan berotot menjadi impian banyak orang tak terkecuali kaum wanita.

Dilansir dari Detik.com, perut buncit dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti pola makan yang tak sehat, kurang aktivitas fisik, genetik, stress, konsumsi alkohol, kurang tidur, proses penuaan, dan kondisi medis tertentu.

Anda dapat mengecilkan perut buncit dan menurunkan berat badan tanpa harus langsung mengurangi porsi makan, berikut caranya dikutip dari Radarjabar.disway.id.

1. Tambahkan Asupan Air Putih

Tips pertama untuk meratakan perut buncit adalah mencoba meningkatkan asupan air putih setiap harinya. Ini lebih baik daripada terlalu fokus pada makanan. Beberapa jurnal ilmiah menunjukkan korelasi positif antara asupan air dan berat badan seseorang.

Dalam ilmu gizi, ada konsep hidrasi yang menekankan pentingnya kebutuhan cairan harian. Secara umum, panduan yang bisa diikuti adalah meminum setidaknya delapan gelas air sehari, atau minimal memastikan air seni Anda tetap berwarna cerah, bukan kuning, yang menandakan bahwa Anda terhidrasi dengan baik.

Untuk membantu diet alami Anda, pastikan minum air setelah bangun tidur, 30 menit sebelum makan, dan saat Anda merasa lapar di luar jam makan. Minum air pada tiga waktu krusial ini diharapkan dapat membantu Anda mengontrol nafsu makan dan porsi makan Anda.

Baca Juga: Cara Mudah Kecilkan Perut Buncit Tanpa Olahraga

Ini akan membantu secara tidak langsung mengurangi porsi makan tanpa disadari, membantu Anda mengendalikan nafsu makan, dan membuat Anda lebih cepat merasa kenyang. Hasilnya, ini dapat membawa Anda ke defisit kalori yang diperlukan.

2. Konsumsi Buah dan Sayur

Tambahkan buah dan sayur dalam pola makan sehari-hari jika ingin meratakan perut Anda yang buncit. Tidak perlu langsung menghentikan makanan yang Anda nikmati atau minuman manis. Karena ada hubungan positif antara konsumsi buah dan sayur dengan berat badan seseorang.

Sayangnya, data dari riset kesehatan dasar tahun 2018 menunjukkan bahwa 95 persen orang tidak mencapai asupan minimal 400 gram buah dan sayur per hari. Hanya 5 persen orang yang memenuhi rekomendasi tersebut.

Cobalah langkah-langkah sederhana ini dan rasakan dampaknya. Pertama, pastikan setidaknya sepertiga piring Anda berisi sayur-sayuran setiap kali makan besar. Kedua, selalu sediakan buah-buahan yang mudah dijangkau seperti pisang, apel, pir, dan jeruk di rumah, dan konsumsi sebagai camilan minimal dua kali sehari.

Setelah mulai mengonsumsi buah dan sayur, Anda akan merasa lebih sehat dan kebiasaan baik lainnya akan mengikuti. Jadi, daripada berpikir tentang mengurangi makanan secara drastis, cobalah untuk menambahkan buah dan sayur dalam pola makan Anda.

3. Tambahkan Jumlah Langkah Kaki

Langkah ketiga agar meratakan perut buncit adalah meningkatkan jumlah langkah kaki Anda dalam sehari. Ini penting karena jumlah langkah kaki berkorelasi positif dengan berat badan seseorang. Terutama ketika bekerja dari rumah atau pada awal pandemi COVID-19, banyak orang mengalami peningkatan berat badan karena jumlah langkah kaki harian mereka secara drastis berkurang.

Pada saat itu, rata-rata orang Indonesia hanya berjalan sekitar 3000 langkah dalam sehari, yang dapat dikategorikan sebagai gaya hidup yang kurang aktif. Saran saya adalah untuk perlahan meningkatkannya menjadi minimal 7.500 langkah dalam sehari. Gunakan alat bantu untuk menghitung langkah Anda setiap harinya.

Selain itu, Anda dapat mencoba beberapa langkah sederhana, seperti memarkir kendaraan lebih jauh dari tujuan Anda, berjalan kaki ke minimarket, atau berjalan untuk mengambil makanan daripada mengandalkan pengiriman.

Dengan menerapkan langkah-langkah ini, Anda dapat meningkatkan jumlah langkah kaki Anda dalam sehari, yang kemudian dapat membantu Anda mengontrol berat badan dan mengecilkan perut buncit.

4. Tambahkan Jam Tidur Secukupnya

Tips keempat adalah menambahkan jam tidur yang cukup. Kembali, durasi tidur berkorelasi positif dengan berat badan seseorang. Kuncinya adalah memiliki durasi tidur yang tepat, yaitu tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit.

Sebagian besar orang disarankan untuk tidur lelap selama 7-8 jam per hari, bukan hanya sekadar berbaring di kasur. Tidur malam yang cukup penting karena tidur yang cukup juga merupakan bagian dari ilmu optimasi yang menggambarkan pentingnya relaksasi dalam program diet yang optimal.

Baca Juga: 7 Cara Kecilkan Perut Buncit Saat Puasa

Untuk mencapai tidur yang baik, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini. Pertama, tetapkan jam tidur yang sama setiap hari untuk membiasakan tubuh Anda dengan jadwal tidur yang konsisten.

Kedua, hindari menggunakan gadget, menonton televisi, atau layar bercahaya lainnya setidaknya satu jam sebelum tidur. Ketiga, pastikan pencahayaan dan suasana kamar tidur nyaman agar Anda dapat tidur dengan cepat. Terakhir, manajemen waktu yang baik akan membantu Anda tidur tanpa beban stres yang berlebihan.

Percayalah, tidur yang cukup juga akan mempengaruhi nafsu makan Anda secara positif dan membantu Anda membuat pilihan makanan yang lebih baik.

5. Hindari Stres

Setiap orang pasti punya permasalahannya sendiri, namun sebenarnya ada cara untuk menghindarkan dari kekalutan pikiran yang bisa mengganggu kesehatan Anda. Salah satu cara agar terhindar dari stres adalah dengan berpikir positif.

Orang yang selalu berpikir positif di segala aktivitasnya cenderung lebih terhindar dari masalah yang kerap muncul dalam kehidupan. Pikiran tenang juga akan berdampak pada kelancaran metabolisme tubuh sehingga nutrisi makanan dan minuman akan terserap dengan baik. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga