Lakukan 5 Persiapan Ini Agar Donor Darah Aman dan Nyaman

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 18 November 2022
0 dilihat
Lakukan 5 Persiapan Ini Agar Donor Darah Aman dan Nyaman
Donor darah sangat baik dilakukan secara rutin karena dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Foto: Repro alodokter.com

" Donor darah menjadi hal yang sangat baik dilakukan karena memiliki manfaat bagi kesehatan dan bisa membantu orang yang membutuhkan darah "

KENDARI, TELISIK.ID - Donor darah menjadi hal yang sangat baik dilakukan karena memiliki manfaat bagi kesehatan dan bisa membantu orang yang membutuhkan darah.

Pada umumnya, dikutip dari wikipedia, penyumbang darah atau pendonor darah adalah proses pengambilan darah dari seseorang secara sukarela untuk disimpan di bank darah sebagai stok darah untuk kemudian digunakan untuk transfusi darah.

Terdapat dua jenis donor darah, yaitu donor darah pengganti dan donor darah langsung.

Untuk melakukan donor darah ini, ada baiknya mengetahui apa saja yang perlu kita siapkan agar nyaman dan aman.

Baca Juga Sperma Dikeluarkan di Luar Miss V, Bisa Hamil atau Tidak? Berikut Penjelasannya

Melansir your.id dari Klik Dokter, berikut persiapan sebelum melakukan prosedur donor darah:

1. Sehat dan bugar

Sebelum mendonor, pastikan anda sudah berusia 17-45 tahun dan memiliki berat badan tidak kurang dari 45 Kg serta kondisi tubuh dalam keadaan sehat dan bugar.

Selain itu yang harus diperhatikan juga adalah tekanan darah dalam batas normal.

2. Perhatikan asupan makan dan minum

Beberapa hari sebelum mendonor, asupan makanan dan minuman harus terjaga, terlebih lagi sehari sebelum pelaksanaan donor darah.

Makanan seperti bayam, daging merah, ikan baik untuk menjaga kadar zat besi yang ada dalam darah anda. Selain baik untuk tubuh, makanan bergizi juga bisa menjaga kadar gula darah anda agar lebih stabil.

3. Hindari aktivitas yang terlalu berat

Untuk menjaga tubuh anda tetap fit dan bugar, hindarilah aktivitas yang terlalu berat. Anda bisa menggantinya dengan olahraga ringan seperti jalan santai atau jogging. 

4. Tidur cukup

Gunakanlah waktu tidur anda sebaik mungkin, setidaknya butuh 7-8 jam untuk tidur di malam hari sebelum melakukan prosedur donor darah. Hal tersebut dimaksudkan agar anda tidak lemas dan pusing setelah proses donor darah.

Baca Juga Perut Terasa Keras? Kenali 7 Penyebabnya

5. Gunakan pakaian yang nyaman

Pakailah pakaian nyaman yang dapat menyerap keringat, anda bisa menggunakan baju lengan pendek untuk memudahkan proses pengambilan darah dan mempermudah pemeriksaan pembuluh darah yang dilakukan tenaga medis, atau bisa juga pakaian lengan panjang yang mudah digulung hingga siku.

Nah, itulah beberapa persiapan yang baik kita lakukan sebelum melakukan donor darah.

Perlu diingat, karena memiliki manfaat bagi kesehatan maka lakukanlah donor darah secara rutin, apalagi juga sangat membantu sesama yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga