Lakukan Cara Ini Agar Anak Semangat Jalani Puasa Pertama

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 12 Maret 2024
0 dilihat
Lakukan Cara Ini Agar Anak Semangat Jalani Puasa Pertama
Mengajarkan anak puasa sejak dini dapat memberikan dampak positif bagi buah hati di masa depan. Foto: Repro Freepik.com/Odua

" Dengan pemahaman yang baik, diharapkan anak menjadi antusias dalam menjalani puasa pertamanya "

KENDARI, TELISIK.ID - Berpuasa tidak hanya berlaku bagi orang dewasa. Anak-anak berusia 7 tahun ke atas juga sudah boleh melakukannya. Agar anak dapat menjalani puasa dengan baik dan aman, Anda dapat memotivasinya dengan berbagai tips puasa pertama bagi buah hati.

Dikutp dari nu.or.id, mengajarkan puasa sejak dini dapat memberikan dampak positif bagi anak di masa depan. Bila sudah memiliki kewajiban untuk berpuasa, mereka pun tidak akan merasa keberatan karena telah terlatih dan dan memiliki kesiapan penuh.

Namun demikian tidak mudah bagi anak-anak untuk menahan rasa haus, lapar, serta beberapa emosi negatif selama puasa. Terlebih bila ini adalah puasa pertamanya. Untuk itu, orang tua perlu mendampingi hari-hari pertamanya berpuasa.

Dilansir dari alodokter.com, berikut adalah beberapa tips puasa pertama bagi anak yang bisa Anda sarankan kepadanya:

1. Mengenalkan Makna dan Tujuan Puasa

Sebelum anak memulai berpuasa, penting untuk mengenalkan konsep dan tujuan puasa dengan penjelasan yang mudah dipahami oleh mereka. Anda dapat menjelaskan manfaat puasa untuk kesehatan dan nilai-nilai seperti kesabaran, pengendalian diri, dan belas kasihan.

Baca Juga: 7 Tips Produktif Bekerja saat Berpuasa

Dengan pemahaman yang baik, diharapkan anak menjadi antusias dalam menjalani puasa pertamanya.

2. Mengajarkan Puasa Secara Bertahap

Pengajaran anak tentang puasa sebaiknya dilakukan secara bertahap. Mulailah dengan mengajari anak menahan haus dan lapar selama beberapa jam terlebih dahulu, misalnya hingga jam 12 siang.

Hindari meminta anak untuk berpuasa sehari penuh secara langsung, karena hal ini terlalu menantang bagi mereka yang belum terbiasa.

3. Memberikan Motivasi pada Anak

Ketika anak mulai merasa bosan atau kehilangan semangat dalam menjalani puasa, sebagai orang tua, Anda dapat memberikan motivasi yang diperlukan.

Baca Juga: 5 Tips Jitu Atasi Rasa Kantuk Setelah Santap Sahur

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah memberikan hadiah sebagai penghargaan ketika anak berhasil menjalani puasa sehari penuh atau mencapai target hari yang telah ditetapkan sebelumnya.

4. Mengajak Anak untuk Sahur

Mengajak anak untuk sahur merupakan langkah penting dalam menjalankan puasa. Sahur membantu memenuhi kebutuhan nutrisi anak selama berpuasa sehingga mereka dapat menjalani hari dengan lebih baik. Namun, terkadang anak sulit untuk bangun saat sahur, terutama jika mereka tidur larut malam.

Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mengajak anak untuk tidak tidur terlalu larut agar lebih mudah dibangunkan saat waktu sahur tiba.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa orang tua lakukan untuk mengajari buah hati untuk pertama kali ikut puasa. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga