Lama Mati Suri, Empat Pasar di Kendari Segera Dihidupkan Lagi

Musdar, telisik indonesia
Kamis, 10 November 2022
0 dilihat
Lama Mati Suri, Empat Pasar di Kendari Segera Dihidupkan Lagi
Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu menegaskan pasar yang sudah dibangun menggunakan uang rakyat harus difungsikan. Foto: Musdar/Telisik.

" Empat pasar di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara yang sudah lama 'mati suri' akan kembali dihidupkan "

KENDARI, TELISIK.ID - Empat pasar di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara yang sudah lama 'mati suri' akan kembali dihidupkan.

Pasar itu yaitu Pasar Rakyat Wayong, Pasar Nambo, Pasar Punggolaka dan Pasar Purirano. Diketahui pasar-pasar ini sudah menahun tak difungsikan.

Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu mengungkapkan, semua sarana prasarana pemerintah yang dibangun menggunakan uang rakyat harus difungsikan.

Untuk menghidupkan kembali pasar-pasar tersebut lanjut Asmawa, diperlukan terobosan, inovasi dan yang paling penting adalah sinergi serta kolaborasi semua stakeholder di Kota Kendari.

Baca Juga: Lima Tahun Usai Dibangun, Pasar Rakyat Wayong Kendari Tak Difungsikan

"Kalau mangkrak rugi pemerintah ini," ucap Asmawa Tosepu, Kamis (10/11/2022).

Direktur Utama Perumda Pasar Kota Kendari, Saifudin mengungkapkan, menghidupkan kembali empat pasar tersebut sudah menjadi agenda Direksi Perumda Pasar pada 2023 mendatang.

Dari empat pasar itu, Pasar Nambo menjadi yang pertama dihidupkan.

Langkah yang sudah dilakukan sementara ini, yakni melakukan pembersihan di Pasar Nambo dan sedang melakukan sosialisasi kepada masyarakat khususnya para pedagang yang ada di Lapulu, Nambo sampai Tondonggeu agar mereka mau membuka usaha atau berdagang di Pasar Nambo nantinya.

Saifudin juga katakan, pihaknya pun tengah melakukan sosialisasi kepada para pedagang kaki lima atau PKL untuk nantinya mau berjualan di Pasar Nambo.

Baca Juga: Sambangi Bank Sultra, Telisik.id Ikut Bersinergi Dukung Pembangunan Daerah

"Dan mereka menyatakan Insya Allah siap masuk ke Pasar Nambo ketika sudah diaktifkan," jelas Saifudin.

Seorang warga Kelurahan Kadia, Kota Kendari La Salangi, mengapresiasi langkah Pj wali kota bersama Direksi Perumda Pasar yang berencana menghidupkan kembali pasar yang selama ini kurang difungsikan.

Ia berharap dengan dihidupkannya pasar-pasar tersebut, tidak adalagi pedagang yang berjualan di pinggir jalan.

"Kenapa harus menjual di pinggir jalan kalau sudah ada pasar," ujarnya. (A)

Penulis: Musdar

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga