Lama Vakum, Pemda Konsel Cari Figur Ketum KONI

Ashar Hamka, telisik indonesia
Senin, 14 Februari 2022
0 dilihat
Lama Vakum, Pemda Konsel Cari Figur Ketum KONI
Pelepasan kontingen yang akan berlaga di Porprov Kolaka beberapa waktu lalu. Kevakuman kepengurusan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Konawe Selatan hingga saat ini, membuat insan olahraga Konsel meradang. Foto: Ashar Hamka/Telisik

" Dispora mestinya menjalankan konstitusi ini sesuai tupoksinya dalam memfasilitasi Pengcab-Pengcab "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Vakumnya kepengurusan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Konawe Selatan hingga saat ini, membuat insan olahraga Konsel meradang.

Mengingat, jika tak ada aral di November 2022 mendatang, di Kota Baubau, bakal digelar Pekan Olahraga Propinsi (Porprov). Kondisi ini juga mendapat perhatian dari Bupati Konsel, Surunuddin Dangga.

Bupati dua periode ini menginstruksikan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) untuk segera bertindak.

“Salah satu tugas dan fungsinya Dispora yaitu memfasilitasi pembentukan Cabor. Hal itu guna memajukan peningkatan dan pembinaan olahraga. Olehnya itu sinergitas antara pengcab itu dibutuhkan,“ ujar Surunuddin, Senin (14/2/2022).

Baca Juga: Vaksinasi Usia 6-12 Tahun Sama Halnya dengan Vaksin Orang Dewasa

Instruksi lain, selain memfasilitasi, agar Dispora juga menginventaris dan melihat kepengurusan setiap pengurus cabang olahraga (Cabor) yang sudah selesai masa jabatannya.

Baca Juga: Terekam Kamera INCAR, Terpantau 77.492 Masyarakat Jatim Langgar Aturan Lalu Lintas

"Jadi keliru itu kalau Dispora harus menunggu lagi rekomendasi dari saya, Dispora mestinya menjalankan konstitusi ini sesuai tupoksinya dalam memfasilitasi Pengcab-Pengcab," ungkap Surunuddin.

Setelah kepengurusan tiap cabang olahraga terbentuk, barulah dapat dirumuskan pemilihan ketua umum KONI berikutnya. Di mana siapa pun kandidat yang ingin menjadi ketua umum KONI harus benar-benar mampu menghidupkan olahraga di Konsel. Juga Pengcab (pengurus cabang) harus punya visi dan misi untuk meraih prestasi di bidang olahraga itu.

“Kalau Pengcabnya sudah siap, tinggal pemilihan ketua umum KONI. Di mana kita tentunya mendorong orang-orang yang punya hobi dan visi-misi untuk kemajuan olahraga di Konsel. Itu yang kita akan support. Profesional memang harus dihidupkan," tegas Surunuddin. (C)

Reporter: Ashar Hamka

Editor: Kardin

Baca Juga