Lampu Lalu Lintas di Muna Mulai Tidak Berfungsi

Sunaryo, telisik indonesia
Rabu, 05 Mei 2021
0 dilihat
Lampu Lalu Lintas di Muna Mulai Tidak Berfungsi
Traffic light yang lampunya sudah mulai putus. Foto: Sunaryo/Telisik

" Kita akan sampaikan ke Balai, selaku pihak yang mengadakan lampu merah itu. "

MUNA, TELISIK.ID - Adanya traffic light (lampu lalu lintas) di salah satu titik perempatan jalan M. Husni Thamrin di Kabupaten Muna membuat para pengguna kendaraan mulai tertib berlalu lintas.

Namun di balik itu, lampu lalu lintas yang mulai dibangga-banggakan itu mulai tidak berfungsi dengan baik. Salah satunya, lampu di titik arah depan Polsek Katobu sudah tidak menyala. Buntutnya, para pengendara kebingungan. Bahkan, sempat nyaris terjadi kecelakaan, akibat pengendara menerobos lampu merah yang sudah tidak menyala itu.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Muna, La Ode Nifaki Toe, mengaku baru mengetahui adanya lampu traffic light yang tidak menyala. Karena itu, ia akan melakukan langkah-langkah dengan menyampaikan pada Balai Perhubungan Darat.  

"Kita akan sampaikan ke Balai, selaku pihak yang mengadakan lampu merah itu," kata Nifaki, Rabu (5/5/2021).

Baca juga: Feri Tondasi-Kasipute-Pising Tetapkan Jadwal Operasi Bulan Mei

Baca juga: Jelang Larangan Mudik, Arus Penumpang Bandara Sugimanuru Meningkat

Lampu merah itu baru kurang lebih dua bulan beroperasi. Namun, hingga saat ini pihaknya merasa belum ada penyerahan dari Balai ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab). Toh, bila ada kerusakan, pihaknya belum bisa berbuat apa-apa.

"Jadi masih tanggung jawab kontraktor itu. Kami belum bisa mengambil langkah perbaikan, karena secara resmi belum ada penyerahan," ungkapnya.

Pembangunan traffic light itu sumber dananya dari APBN melalui Balai Perhubungan Darat tahun 2020. Hanya saja, ia tidak tahu persis berapa anggaranya. Pasalnya, pihaknya tidak pernah dikoordinasikan.

"Kita saat itu hanya mengusulkan saja di Balai. Dari tujuh titik, baru satu yang terealisasi," pungkasnya. (B)

Reporter: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga