Lampu Lalulintas Belum Aktif, Dishub Konawe Ungkap Alasannya

Aris Syam, telisik indonesia
Senin, 05 September 2022
0 dilihat
Lampu Lalulintas Belum Aktif, Dishub Konawe Ungkap Alasannya
Salah satu lampu lalulintas yang tidak berfungsi di bundaran Adipura. Foto: Aris Syam/Telisik

" Di Kabupaten Konawe tepatnya di jalan poros kota Unaaha, terdapat 3 titik lampu lalulintas yang saat ini belum juga berfungsi "

KONAWE, TELISIK.ID - Lampu lalulintas atau traffic light merupakan salah satu faktor terpenting dalam memberikan rasa aman bagi masyarakat dalam berkendara agar terhindar dari musibah kecelakaan lalulintas.

Khusus di Kabupaten Konawe tepatnya di jalan poros kota Unaaha, terdapat 3 titik lampu lalulintas yang saat ini belum juga berfungsi, yaitu di simpang empat Kelurahan Tuoy, Bundaran Adipura dan simpang empat Unaaha.

Terlebih lagi, tilang elektronik kini mulai diterapkan di beberapa daerah se-Indonesia, dan tentunya faktor pendukung program dari Satlantas, traffic light harus aktif atau berfungsi.

Menanggapi hal tersebut, Kadis Perhubungan Konawe Nuriadin mengungkapkan, jika realisasi pengaktifan lampu lalulintas di Konawe itu sudah pernah diusulkan pada tahun 2019 lalu namun tidak berhasil.

Kemudian, di tahun berikutnya, pihaknya mencoba kembali mengusulkan anggaran perbaikan dan pengadaan lampu lalulintas namun pada saat itu masih COVID-19 sehingga anggaran harus direfocusing.

Baca Juga: Kemendes PDTT Siapkan Rp 2 M Bangun Kawasan Pertanian Terintegrasi di Mutiara

"Kemarin usulannya gagal akibat COVID-19 sehingga refocusing anggaran," imbuhnya, Senin (5/9/2022).

Dan tahun 2022 ini, pihaknya telah mencoba kembali mengusulkan hal yang serupa kepada dinas terkait dalam hal ini Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Tenggara, ia pun berharap agar tahun ini usulan tersebut dapat terealisasikan sehingga lampu lalulintas yang berada di Unaaha dan sekitarnya dapat berfungsi.

"Semoga bisa diterima tahun ini, dan langsung dikerjakan, karena ini juga bentuk dukungan revitalisasi kota Unaaha yang sementara dikerjakan," pungkasnya.

Baca Juga: Telah Merusak Jalan, Begini Jawaban DLH Soal Dugaan Tambang Ilegal di Baubau

Di tempat terpisah, Kasat Lantas Polres Konawe Iptu Ridwan Koto mengungkapkan, jika keberadaan lampu lalulintas atau traffic light di jalur yang ramai kendaraan memang sangat penting dan sebagai tanda penertiban arus lalulintas.

Namun karena di Konawe lampu lalulintas tidak aktif, pihaknya selalu menugaskan anggotanya untuk memantau arus lalulintas di tempat yang disinyalir ramai kendaraan.

"Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, setiap pagi sudah ada anggota Lantas yang berjaga untuk melakukan pengawasan arus lalulintas," jelasnya. (B-Adv)

Penulis: Aris Syam

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga