Lantik Dewan Pengawas dan Hakim MTQ Korpri V, Ali Mazi Ingin Ulangi Kesuksesan

Andi Irna Fitriani, telisik indonesia
Minggu, 14 November 2021
0 dilihat
Lantik Dewan Pengawas dan Hakim MTQ Korpri V, Ali Mazi Ingin Ulangi Kesuksesan
Suasana pelantikan Dewan pengawas, dewan hakim dan panitera, MTQ Korpri V Tingkat Nasional Tahun 2021 di Sultra. Foto: Andi Irna Fitriani/Telisik

" ewan pengawas, dewan hakim dan panitera, Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) Korpri V Tingkat Nasional Tahun 2021 di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) resmi dilantik "

KENDARI, TELISIK.ID - Dewan pengawas, dewan hakim dan panitera, Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) Korpri V Tingkat Nasional Tahun 2021 di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) resmi dilantik, Minggu (14/11/21).

Pada kesempatan itu, Gubernur Sultra, Ali Mazi mengatakan senantiasa mendukung program MTQ, termasuk kegiatan Korpri sebagai salah satu pendalaman dan pengamalan nilai-nilai dalam Al-Qur'an khususnya dikalangan Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Kegiatan MTQ juga sejatinya menjadi bagian dari implementasi program prioritas Sultra beriman yang saat ini sedang digalakkan oleh pemerintah provinsi Sultra," ujar Ali Mazi.

Penyerahan card name dan pemasangan baju toga secara simbolis oleh Ketua umum Dewan Pengurus Nasional (DPN) Korpri , Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh. Foto: Andi Irna Fitriani/Telisik

 

Ali Mazi berharap dalam penyelenggaraan MTQ Korpri V tingkat nasional tahun 2021 tersebut, dapat kembali mengulang kesuksesan seperti saat menjadi tuan rumah penyelenggaraan MTQ Nasional pada 2006 silam, baik sukses penyelenggaraan maupun sukses prestasi.

Lanjut, pelantikan dewan hakim MTQ Korpri V tingkat nasional merupakan bagian penting dan wajib dilaksanakan dalam setiap kegiatan MTQ.

"Keberadaan dewan hakim dalam setiap event musabaqoh Al-Qur'an, memiliki kedudukan yang terhormat dan mulia, di samping karena tugas-tugasnya dalam menetapkan peserta terbaik MTQ, juga karena kapasitas keilmuan Al-Qur'an yang dimilikinya," tuturnya.

Orang nomor satu di Sultra itu yakin dan percaya bahwa dewan hakim yang telah dilantik dapat mengemban amanah mulia tersebut dengan sebaik-baiknya sesuai bidang tugas masing-masing.

Baca Juga: Bangun Madrasah Ibtidaiyah di Kendari, MRI Masih Butuh Donatur

Pelantikan dewan hakim MTQ Korpri V tingkat nasional tersebut, dirangkaikan dengan seminar nasional Al-Qur'an dengan tema, implementasi moderasi beragama di kalangan ASN.

"Seminar ini menjadi penting karena setidaknya memberi gambaran atas sikap umat yang berlandaskan nilai-nilai Al-Qur'an senantiasa mengedepankan toleransi beragama di tengah keragaman dan kemajemukan bangsa," kata Ali Mazi.

Lebih lanjut kata Ali Mazi, kegiatan tersebut sangat relevan dengan visi pembangunan pemerintah provinsi Sultra, khususnya pada program prioritas Sultra beriman yang sejatinya diarahkan untuk meningkatkan kualitas keimanan masing-masing umat beragama.

Proses pelantikan dewan pengawas, dewan hakim dan panitera, Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) Korpri V Tingkat Nasional tahun 2021 di Sulawesi Tenggara (Sultra) oleh Dewan Pengurus Nasional (DPN) Korpri, Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh. Foto: Andi Irna Fitriani/Telisik

 

"Dengan itu diharapkan dapat mendorong terwujudnya kehidupan umat beragama yang damai dan harmonis, saya juga berharap melalui seminar Al-Qur'an dapat meningkatkan pemahaman kita semua, khususnya bagi ASN dalam menjalankan ajaran agama yang sejatinya menjunjung tinggi nilai-nilai persaudaraan dan kasih sayang, baik dalam konteks persaudaraan sesama umat Islam maupun dalam konteks persaudaraan sesama anak bangsa dan persaudaraan sesama umat manusia," paparnya.

Terpisah, Sekretaris Daerah (Sekda) Sultra, Nur Endang Abbas mengatakan, persiapan dari sisi kafilah sudah mencapai 100 persen.

"Kafilah sudah 100 persen, sudah pada datang semua, hari ini tinggal para gubernur yang datang, tapi ada yang tidak punya kafilah tapi dari kementriannya hadir. Itu luar biasa bahwa ingin meramaikan Sultra," ujarnya.

Baca Juga: MTQ Korpri V Tingkat Nasional Siap Dilaksanakan di Kendari, Dibuka Wamenag

Sementara itu, Ketua umum Dewan Pengurus Nasional (DPN) Korpri , Prof Dr Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, kegiatan tersebut merupan kebahagian Korpri seluruh Indonesia.

"Mudah-mudahan ini menjadi pintu pembuka rahmat dan ampunan, MTQ ini sebuah ajang menumbuhkan rasa bangga dan bahagia. Semoga kita bisa memanfaatkan momentum tersebut untuk terus menyampaikan syi'ar dan dakwah," tutupnya.

Untuk diketahui, kegiatan MTQ Korpri V Tingkat Nasional Tahun 2021, sepenuhnya ditanggung Provinsi Sultra dan akan dibuka pada Minggu malam ini. (A-Adv)

Reporter: Andi Irna Fitriani

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga