Lapuk dan Tak Terawat, Rumah Bantuan Milik Janda di Reok Ambruk

Berto Davids, telisik indonesia
Minggu, 15 Mei 2022
0 dilihat
Lapuk dan Tak Terawat, Rumah Bantuan Milik Janda di Reok Ambruk
Rumah milik Sisilia di Kecamatan Reok ambruk karena lapuk dan tak terawat. Foto: Berto Davids/Telisik

" Rumah yang diperoleh dari bantuan Pemerintah Kabupaten Manggarai ini ambruk karena kayu yang sudah lapuk dan tak terawat "

MANGGARAI, TELISIK.ID - Rumah milik seorang janda, Sisilia Jia (38) tepatnya di RT 001, Kelurahan Baru, Kecamatan Reok, Manggarai, NTT, ambruk.

Rumah yang diperoleh dari bantuan Pemerintah Kabupaten Manggarai ini ambruk karena kayu yang sudah lapuk dan tak terawat.

Terlihat, mulai dari tiang penyangga, regel, dinding hinga atap pada rumah itu lapuk pasca dibangun tahun 2013 silam.

Sisilia yang seorang diri mendiami rumah itu juga diketahui sedikit mengalami gangguan/depresi sejak suaminya meninggal tahun 2015 lalu. Namun ia masih tetap mampu bertahan hidup di rumah reot berukuran 6×7 itu.

Menurut dia, kejadian tersebut terjadi pada Sabtu (14/5/2022) siang. Saat itu ia tidak mengetahui rumahnya akan ambruk. Beruntung saat kejadian, Sisilia sedang duduk di luar rumah.

Diakui Sisilia, memang sejak setahun lalu rumah itu sudah terlihat miring, tiang penyangga dan mendanya nyaris jatuh karena lapuk. Baru pada Sabtu kemarin rumah itu ambruk total.

"Beruntung saja saya tidak ada dalam rumah pada saat kejadian. Kalau ada dalam rumah, pasti saya juga ikut tertimpa kayu dan atap," kata Sisilia dengan mata berkaca saat disambangi Telisik.id.

Baca Juga: Cegah Kerusakan Hutan Pesisir, Dinas Kehutanan Sulawesi Tenggara Tanam Bibit Mangrove

Ia mengaku hanya sempat menyelamatkan beras sekarung saat kejadian. Sedangkan lemari, piring dan perabot rumah lainnya sudah tertimpa atap dan kayu yang berjatuhan.

Sungguh sedih nasib yang dialami janda Bernadus ini. Ia kemudian mengungsi sementara di rumah saudaranya Hanis sembari menunggu tindak lanjut dari warga atau dari oemerintah setempat.

Hanis yang membenarkan kejadian itu mengaku sudah menerima kehadiran Sisilia di rumahnya. Ia ikhlas jika rumahnya juga ditempati Sisilia untuk sementara waktu.

"Untuk sementara biar tinggal dengan saya sembari menunggu tindak lanjut apa yang dilakukan nanti," kata Hanis.

Hanis juga mengaku sudah menghadap langsung Camat Reok untuk menyampaikan peristiwa ini.

Sementara itu Camat Reok, Ahmad Pahu yang ditemui Minggu siang mengaku kaget dengan informasi rumah ambruk itu.

Ia malah mengetahui informasi tersebut dari Hanis yang datang melapor.

Baca Juga: Manajemen Pemerintahan Muna Barat Dinilai Perlu Ditata Ulang

"Belum. Saya baru dapat info dari Hanis. Nanti sekitar sore saya akan tinjau langsung supaya bisa difoto dan dibuatkan dokumen untuk dikirim ke Ruteng," kata camat yang baru beberapa bulan dilantik Bupati Manggarai itu.

Ia juga meminta warga setempat agar turut prihatin dengan nasib Sisilia dan rumahnya yang ambruk sehingga nanti bisa ada intervensi pemerintah untuk bantu.

"Nantikan kita bisa pakai swadaya saja kalau memang belum ada tanggapan dari Ruteng. Sebab apa saja yang diberikan pemerintah sifatnya hanya bantuan, bukan ganti rugi," tuturnya.

Ia berpesan untuk sementara rumah itu jangan dulu diperbaiki sebelum difoto dan dibuat dokumentasi. (A)

Penulis: Berto Davids

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga