Lawan Narkoba, Pemkot Kendari Mulai dari Empat Kelurahan Bersinar

Sumarlin, telisik indonesia
Senin, 28 Juni 2021
0 dilihat
Lawan Narkoba, Pemkot Kendari Mulai dari Empat Kelurahan Bersinar
Kota Kendari bekerja sama dengan BBN menetapkan empat kelurahan sebagai kelurahan Bersinar. Foto: Ist.

" Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Kendari bersama sejumlah pihak mengikuti puncak peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) tahun 2021 secara virtual di media Center Rujab Wali Kota Kendari. "

KENDARI, TELISIK.ID - Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Kendari bersama sejumlah pihak mengikuti puncak peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) tahun 2021 secara virtual di media Center Rujab Wali Kota Kendari, Senin (28/6/2021).

Peringatan HANI tahun 2021 mengangkat tema Perang Melawan Narkoba (War On Drugs) di Era Pandemi COVID-19 menuju Indonesia Bersih Narkoba (Bersinar) diikuti Ketua DPRD Kota Kendari, Asisten I Pemkot, Kepala BNNK serta perwakilan unsur Forkopimda Kota Kendari.

Di Kota Kendari, Pemerintah Kota Kendari bekerja sama dengan BBN menetapkan empat kelurahan sebagai kelurahan Bersinar.

Empat kelurahan tersebut, yakni Kelurahan Sanua dan Kemaraya di Kecamatan Kendari Barat; berikutnya Kelurahan Kadia di Kecamatan Kadia; dan Kelurahan Mandonga di Kecamatan Mandonga.

Wali Kota juga menginstruksikan setiap lurah agar melibatkan semua RT/RW dalam melakukan upaya pencegahan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba, sehingga dapat menciptakan kelurahan bersinar.

Baca juga: Hari Ini Tim Advance Kadin Pusat Tiba di Kendari, Munas Tidak akan Bergeser

Baca juga: Bertambah 48 Orang, Pasien Positif COVID-19 di Kendari Capai 5.098 Kasus

"Kalau ada masyarakat yang terpapar narkoba kita bisa lakukan pencegahan  atau rehabilitasi dan akan didampingi. Kalau dibiarkan, akan menjadi pintu masuk tersebarnya penyalahgunaan narkoba," jelas Sulkarnain beberapa waktu lalu.

Ia juga menjelaskan, mekanisme program Kelurahan Bersinar ini sudah dimulai dan melibatkan RT/RW  sehingga semakin kecil ruang untuk penyalahgunaan narkoba.

"Kita akan mulai dari RT/RW. Saya perintahkan lurah untuk melibatkan RT/RW-nya, sehingga semakin kecil ruang untuk mencegah orang-orang yang tidak bertanggung jawab," ujarnya.

Sementara itu Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Kendari, Dra. Murniaty M, MPH, Apt meminta peran semua pihak untuk bersama-sama memerangi narkoba.

"Mari semua stakeholder bersinergi bersama menyelamatkan generasi kita dari bahaya narkoba," ungkapnya usai peringatan HANI.

Sebelum puncak peringatan HANI, BNNK Kendari menggelar sejumlah kegiatan di antaranya, menggandeng Forum Anak Kota Kendari menggelar kampanye War On Drugs di pelataran Masjid Al Alam. Kegiatan itu diisi dengan senam bersama dan pembagian stiker serta kampanye langsung pada masyarakat. (B-Adv)

Reporter: Sumarlin

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga