Legenda Batu Besar yang Menjadi Polemik Para Ilmuan di Hutan Bosnia

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 03 November 2022
0 dilihat
Legenda Batu Besar yang Menjadi Polemik Para Ilmuan di Hutan Bosnia
Batu besar dengan lebar sekitar 3 meter dan beratnya lebih dari 35 ton. Foto: Repro Kompas.com

" Sebuah batu besar menarik perhatian seorang arkeolog, Semir Osmanagic. Batu itu memiliki lebar sekitar 3 meter dan beratnya lebih dari 35 ton "

BOSNIA, TELISIK.ID - Sebuah batu besar menarik perhatian seorang arkeolog, Semir Osmanagic. Batu itu memiliki lebar sekitar 3 meter dan beratnya lebih dari 35 ton.

Dilansir dari Merdeka.com, Suad Keserovic merupakan pria yang berada di balik penemuan ini. Berkat temuannya, lokasi penemuan di Desa Podubravlje, Zavidovici didatangi banyak orang.

Banyak yang penasaran dengan asal usul batu tersebut, bahkan beberapa di antaranya percaya jika batu itu adalah peninggalan di zaman purba.

Dilansir dari Viva.co.id, batu raksasa yang baru digali itu merupakan spesimen yang unik, yang sebenarnya diyakini menjadi salah satu dari koleksi besar artefak serupa yang ditemukan tersebar di seluruh wilayah itu selama berabad-abad.

Baca Juga: Super Mewah, Mobil Terpanjang di Dunia Ini Miliki Kolam Renang hingga Helipad

Baca Juga: Ini Tarif dan Proses Sewa Pacar di Jepang, Pelanggan Banyak yang Berakhir Sakit Hati

Mengutip Kompas.com, beberapa lainnya meragukan temuan bola raksasa itu. Kritikus mengatakan bola itu kemungkinan besar hasil dari proses alam.

Mandy Edwards dari Sekolah Ilmu-ilmu Bumi, Atmosfer, dan Lingkungan pada Universitas Manchester mengatakan, bola batu itu mungkin terbentuk oleh proses concretion. Hal itu berarti, batuan dibentuk oleh pengendapan semen mineral alami dalam ruang antara butir-butir sedimen.

Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia, konkresi adalah senyawa kimia (seperti kalsium karbonat atau oksida besi) yang terkonsentrasi lokal dalam bentuk butiran. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga