Lepas Sapi Kurban Presiden Jokowi, Bupati Konawe Termotivasi Terus Kembangkan Program Inseminasi Buatan

Aris Syam, telisik indonesia
Rabu, 06 Juli 2022
0 dilihat
Lepas Sapi Kurban Presiden Jokowi, Bupati Konawe Termotivasi Terus Kembangkan Program Inseminasi Buatan
Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa saat memperkenalkan sapi jenis simental yang dibeli oleh Presiden RI Joko Widodo. Foto: Aris Syam/Telisik

" Pemerintah Kabupaten Konawe, secara resmi melepas sapi kurban Presiden Joko Widodo, di halaman kantor Bupati Konawe "

KONAWE, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten Konawe, secara resmi melepas sapi kurban Presiden Joko Widodo, di halaman kantor Bupati Konawe, Rabu (6/7/2022).

Sapi jenis simental itu seberat satu ton tersebut milik Ade Arianto, warga Kelurahan Arombu Kecamatan Unaaha, Kabupaten Konawe yang dibeli langsung Presiden Jokowi seharga Rp 110.000.000 yang akan dikurbankan kepada masyarakat di Provinsi Sulawesi Tenggara.

Sebelum kegiatan pelepasan sapi yang merupakan hasil Inseminasi Buatan (IB) tersebut, Pemkab Konawe melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) telah melakukan pemeriksaan secara rutin dan dilengkapi dengan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH).

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa yang terlibat langsung dalam kegiatan pelepasan sapi tersebut mengatakan, bahwa suatu kebanggaan untuk karena adanya permintaan hewan ternak dari Konawe yang akan dikurbankan oleh Presiden RI.

Atas dasar tersebut, Bupati Konawe dua periode itu sangat merasa termotivasi untuk lebih mengembangkan serta meningkatkan populasi hewan ternaknya lagi melalui program Inseminasi Buatan (IB) khususnya di Disnakeswan Konawe.

"Karena program IB dapat mempermudah perkembangan sapi di Konawe, sehingga ini harus kita kembangkan lagi kedepannya," jelas Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa.

Sapi jenis Simental seberat satu ton Asal Kabupaten Konawe yang akan dikirim ke Buton untuk dikurbankan. Foto: Aris Syam/Telisik

 

Terlebih lagi, kata Kery sapaan akrab Bupati Konawe itu, dalam memasuki perayaan hari idul Adha 10 Juli mendatang, tentunya permintaan konsumsi daging sapi akan meningkat, sehingga akan menambah pundi-pundi perekonomian di bidang peternakan.

Baca Juga: Izin Belum Lengkap, Outlet Holywigs di Jawa Timur Ditutup

Kemudian, terkait penyakit mulut dan kuku (PMK) yang telah banyak menyerang hewan di beberapa daerah di Indonesia itu, ia dapat memastikan jika untuk Konawe saat ini belum ada laporan atau kasus yang menyerang khususnya sapi.

Foto bersama saat pelepasan sapi oleh Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa bersama SKPD Konawe. Foto: Aris Syam/Telisik

 

"Kalau dari segi kesehatan dan ukuran sapi di Konawe tidak perlu kita ragukan lagi karena sudah terbukti Konawe menjadi salah satu lumbung nasional di bidang peternakan," Imbuhnya.

Baca Juga: Pemda Alokasikan Rp 1 Miliar Kegiatan Keagamaan di Muna Barat, Termasuk Bantuan Masjid

Mantan Ketua DPRD Konawe itu juga secara terang-terangan menyampaikan untuk tahun ini Pemkab Konawe akan menargetkan peningkatan produksi sapi agar Konawe menjadi terdepan di bidang peternakan.

Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa saat mendengarkan penjelasan dari pihak kesehatan hewan Konawe. Foto: Aris Syam/Telisik

 

"Untuk tahun ini, kita targetkan 9000 ekor," pungkasnya. (C-Adv)

Penulis: Aris Syam

Editor: Musdar

Baca Juga