Lestarikan Lagu Daerah, UPTD Museum Dan Taman Budaya Gelar Lomba Lagu Lokal

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 21 September 2023
0 dilihat
Lestarikan Lagu Daerah, UPTD Museum Dan Taman Budaya Gelar Lomba Lagu Lokal
UPTD Museum dan Taman Budaya menggelar lomba lagu daerah di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulawesi Tenggara. Foto: Nur Khumairah/Telisik

" Guna melestarikan lagu daerah yang kian tergerus akibat globalisasi dan maraknya lagu-lagu modern yang kian digandrungi, Pemprov Sulawesi Tenggara gelar lomba lagu daerah "

KENDARI, TELISIK.ID - Guna melestarikan lagu daerah yang kian tergerus akibat globalisasi dan maraknya lagu-lagu modern yang kian digandrungi, Pemprov Sulawesi Tenggara gelar lomba lagu daerah.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Museum dan Taman Budaya menggelar lomba lagu daerah di Aula Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kamis (21/9/2023).

Kepala UPTD Museum dan Taman Budaya Sulawesi Tenggara, Laudin menuturkan, lomba digelar untuk melestarikan budaya lokal, khususnya lagu daerah yang ada di Sulawesi Tenggara.

Baca Juga: Penumpang Sebut Buruh Pelabuhan Bungkutoko Kendari Permainkan Harga Jasa Angkut Barang

Lagu yang dibawakan peserta bebas, dan bervariasi yang terdiri dari lima etnis besar yang ada di Sulawesi Tenggara baik itu Buton, Muna, Tolaki, Moronene dan Wawonii dan etnis lainnya. Sementara itu, Glenn de Rozari selaku tim juri menyebut, peserta harus mengetahui arti lagu yang dibawakan dan bisa menginterpretasikan lagu daerah.

"Ini ada pesan-pesan tersendiri, serta bagaimana peserta artikulasikan lagu yang sedang dibawakan selain itu penilaian pertama adalah materi suara, dua teknik vokal dan yang ketiga penampilan saat membawakan lagu," bebernya.

Baca Juga: Usulan Pj Wali Kota Kendari dari Gubernur Bakal Diungkap, Tie Saranani Yakin Asmawa Tosepu Terpilih Lagi

Seorang peserta, Triana saputri mengaku cukup senang, mengikuti lomba yang diselenggarakan oleh UPTD museum dan Taman Budaya. Ia juga melakukan persiapan 4 hari sebelum mengikuti lomba.

Untuk diketahui, para peserta memperebutkan hadiah sebesar Rp 2.500.000 sebagai pemenang pertama dan juara dua menerima hadiah Rp 1.500.000

Sementara, juara ketiga mendapatkan hadiah Rp 1.000.000, juara harapan satu hingga harapan tiga masing-masing menerima Rp 500.000. (A)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga