Lewat Roadshow, Parinringi Pastikan Pilkada Aman Terkendali

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 02 Desember 2020
0 dilihat
Lewat Roadshow, Parinringi Pastikan Pilkada Aman Terkendali
Kepala Kesbangpol Sultra, Parinringi. Foto: Fitrah Nugraha/Telisik

" Kami dengan BIN satu tim di Desk Pilkada, melakukan pemantauan dan evaluasi terkait stabilitas sosial politik, keamanan dan ekonomi di Kabupaten Muna selama menjelang Pilkada. "

KENDARI, TELISIK.ID - Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sulawesi Tenggara (Sultra), Parinringi memimpin Roadshow Desk Pilkada Provinsi Sultra di Kabupaten Muna beberapa waktu lalu.

Kunjungan dalam rangka monitoring tahapan Pilkada Serentak tahun 2020 itu, turut melibatkan Badan Intelejen Negara (BIN) serta perwakilan Polda Sultra.

Kepala Kesbangpol Sultra, Parinringi menilai, dari hasil pemantauan bersama tim Desk Pilkada kondisi di Kabupaten Muna masih terkendali.

 

Suasana Roadshow Desk Pilkada Sultra di Muna. Foto: Ist.

 

"Kami dengan BIN satu tim di Desk Pilkada, melakukan pemantauan dan evaluasi terkait stabilitas sosial politik, keamanan dan ekonomi di Kabupaten Muna selama menjelang Pilkada," katanya kepada Telisik.id, Rabu (2/12/2020).

Walaupun memang, kata dia, pernah terjadi beberapa dinamika antara dua belah pihak pendukung pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Muna. Namun kejadian tersebut masih dalam kendali, baik pemerintah maupun Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Muna.

Di Kabupaten Muna, Mantan Wakil Bupati Konawe itu mengatakan, pihaknya sempat bertemu dengan Komandan Kodim (Dandim) 1416 Muna, Kapolres dan sejumlah pejabat Pemda Muna.

Suasana Roadshow Desk Pilkada Sultra di Kolaka Timur. Foto: Ist.

 

Pertemuan tersebut membahas tentang sejauh mana penanganan stabilitas sosial, keamanan, politik dan ekonomi masyarakat dalam rangka tahapan Pilkada sampai dengan persiapan seperti apa penanganan saat hari pencoblosan pada 9 Desember mendatang.

"Alhamdulillah, teman-teman TNI dan Polri sudah melakukan persiapan yang nantinya bisa mengantisipasi dan membackup Pilkada nanti. Dan juga informasi dari Polres, bahwa ada bantuan dari luar seperti Brimob Polda Sultra yang ikut membackup," ujar Parinringi.

Baca juga: 2.108 Personel Polda Sultra Siap Amankan Pilkada 2020

Sesuai fungsinya, Desk Pilkada Sultra dibentuk untuk membantu mengawal tahapan pesta demokrasi hingga puncak pencoblosan yang tidak lama lagi, yakni pada tanggal 9 Desember mendatang.

Sedangkan Roadshow Pilkada ini bukan hanya dilakukan di Kabupaten Muna saja, akan tetapi juga di enam Kabupaten lainnya di Sultra yang menggelar pesta demokrasi Pilkada Serentak tahun 2020 ini.

"Semua masih dapat terkendali, termasuk Pemda masih dapat mengendalikan situasi, sehingga apa yang kita harapkan bisa terpantau dengan baik," jelasnya.

Usai dari Muna, kata Parinringi, tim Roadshow Desk Pilkada langsung bertolak ke Kolaka Timur (Koltim) untuk memantau pendistribusian logistik Pilkada.

"Saya juga sempat ke Koltim, yang kita lihat adalah bagaimana pendistribusian logistik. Kita cek sampai ke gudang logistik dan Alhamdulillah pendistribusian logistik di Koltim sudah hampir rampung," katanya.

Bahkan, ia melanjutkan, empat hari yang lalu logistik Pilkada di Koltim sudah masuk pada tahapan pelipatan surat suara, serta persiapan pengiriman logistik ke daerah yang cukup susah terjangkau.

"Saat ini juga ada tim yang ke Wakatobi dan daerah lainnya. Untuk di Koltim, kita mengecek persiapan logistik dan berkoordinasi dengan teman-teman penyelenggara serta persiapan Pemda dalam mensukseskan Pilkada serentak," pungkasnya. (B)

Reporter: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga