adplus-dvertising

Lezat, Resep dan Cara Buat Opor Daging Sapi Khas Padang

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 21 Juli 2021
3077 dilihat
Lezat, Resep dan Cara Buat Opor Daging Sapi Khas Padang
Opor daging sapi khas Padang. Foto: Repro selerasa.com

" Daging sapi tidak melulu hanya bisa dibuat bakso atau sate, namun juga bisa dibuat gulai daging, empal daging hingga opor daging sapi. "

KENDARI, TELISIK.ID - Daging sapi tidak melulu hanya bisa dibuat bakso atau sate, namun juga bisa dibuat gulai daging, empal daging hingga opor daging sapi.

Berbicara mengenai hidangan berbahan dasar daging, maka anda bisa mencoba nikmatnya sajian opor daging sapi khas Padang.

Sajian ini adalah sajian nikmat yang memiliki cita rasa yang sedap. Ini banyak dijual di rumah makan padang dengan penampilan yang begitu menggoda. Saking menggodanya, mungkin sulit sekali menahan diri ketika melihat dan mencium aroma sedapnya hidangan opor daging khas Padang.


Bagi anda yang saat ini sedang ngidam ingin menyantap sajian opor daging sapi khas Padang yang sedap dan nikmat, simak resep opor daging sapi khas Padang yang dikutip dari berbagai sumber:

Bahan Utama Membuat Opor Daging Khas Padang:

- 500 gr daging sapi

- 700 m santan kelapa

- 3 lbr daun jeruk

- 3 buah cabai merah besar

- 700 ml santan kelapa

- 1 sdt air asam jawa

- 1 sdt gula pasir

- 1 sdm garam

- Minyak goreng secukupnya (untuk menumis)

Bumbu yang Dihaluskan:

- 1/4 sdt jintan

- 1 sdt ketumbar

- 2 buah kemiri, disangrai

- 7 siung bawang merah

- 4 siung bawang putih

- 3 buah cabai merah

- 3 cm kunyit bakar

- 2 cm jahe

Baca juga: Filosofi Lapa-Lapa, Kuliner Khas Wakatobi Setiap Hari Lebaran

Baca juga: Nikmat Disantap dengan Nasi Hangat, Ini Resep Sambal Cumi Balado

Cara Mengolah Daging Sapi Sebelum Dimasak dan Dibumbui:

Langkah pertama yang dilakukan untuk mengolah daging, saya melakukannya dengan memotong-motong daging sapi yang sudah saya siapkan dengan bentuk kotak memanjang dan ukuran yang tipis.

Hal ini dikarenakan memotong daging dengan ukuran lebih tipis akan membuat sajian daging yang dimasak menjadi lebih mudah matang secara merata.

Setelah selesai dipotong-potong secara keseluruhan, silahkan masukkan daging pada wadah dengan ukuran sedang dan cuci bersih daging dengan menggunakan air.

Angkat daging dari cucian dan tiriskan air cuciannya, pastikan jika tidak ada air yang masih menggenang pada wadah dan sisihkan sementara.

Cara Memasak Opor Daging Sapi Khas Padang:

Siapkan wajan di atas kompor yang menyala, tuangkan minyak goreng sedikit dan tunggu hingga minyak menjadi lebih panas secara merata.

Setelah minyak panas, masukkan bumbu-bumbu yang telah dihaluskan kedalamnya dan tumis bumbu hingga tercium bau harum yang sedap dan nikmat.

Masukkan pula rempah lain seperti serai, daun jeruk dan cabai merah, kemudian silahkan tumis kembali hingga bahan-bahan menjadi lebih matang secara merata.

Masukkan potongan daging bersama dengan gula merah dan garam. Aduk-aduk hingga merata dan daging yang dimasukkan menjadi berubah warnanya kecoklatan.

Baru tuangkan santan kedalam tumisan sambil diaduk-aduk secara perlahan dan pastikan jika santan yang dimasukkan tidak pecah.

Terakhir, tambahkan larutan air asam ke dalam rebusan dan masak hingga bumbu meresap ke dalam daging secara merata.

Apabila rebusan daging telah matang, silahkan angkat dan sajikan daging ke dalam piring atau mangkuk saji kemudian hidangkan bersama dengan taburan bawang goreng di bagian atasnya akan membuat sajian kali ini begitu istimewa dan nikmat. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga